Daftar Juara KDI 1 Sampai 7 Di MNCTV

Posting Daftar juara KDI 1-7 yang diselenggarakan oleh (awalnya TPI) MNCTV ini sebenarnya ada dua tujuan. Pertama untuk mengingat kembali siapa saja para jawara di masing-masing sesi tersebut. Kedua untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada Dhangduter Newbi (pemula) yang belum tahu, karena mungkin waktu program ini muncul, banyak di antara mereka yang masih kecil (anak-anak - masih duduk di bangku SD).

daftar juara kontes Dangdut Indonesia KDI MNCTV

LATAR BELAKANG

Seperti kita ketahui, bahwa program ini merupakan salah satu Program Dankdut televisi pertama yang bertujuan untuk mencari bakat dan bibit baru pedhangdut potensial yang ada di daerah di seluruh Indonesia. Latar belakang munculnya KDI adalah :

"Musik ini harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Seperti aliran musik lainnya, regenerasi dalam dang-dut mutlak diperlukan untuk kelangsungan dan perkembangan musik itu sendiri. Banyak bibit penyanyi dang-dut potensial di pelosok nusantara yang kurang mendapat kesempatan untuk tampil secara nasional.
MNCTV sebagai salah satu televisi swasta yang dikenal lewat berbagai program-program musik dankdut dan kepeduliannya terhadap kemajuan musik ini di tanah air, menangkap potensi dan peluang ini dengan mengadakan Kontes Dandut Indonesia, atau disingkat KDI. Sebagai acara kontes, maka acara KDI hanya menampilkan tembang-tembang berirama dankdut."

DAFTAR JUARA KDI


Seperti saya katakan di awal, bahwa tujuan dari posting ini adalah untuk mengingat kembali dan memperkenalkan kepada sobat Dhangduter pendatang baru siapa saja yang pernah menjadi jawaranya di masing-masing sesi (1-7). Berikut ini adalah daftar juara KDI 1-7:

1. KDI 1 (TPI) 2004

Sesi pertama ini digelar pada tahun 2004, sebagai juaranya adalah Siti Rachmawati, adik kandung Cici Paramida. Sementara di posisi runner up pertama diraih oleh Nassar, dan di runner up kedua diraih oleh Safarudin.

2. KDI 2 (TPI) 2005

Sesi kedua digelar pada tahun berikutnya, 2005, dan yang keluar sebagai pemenang adalah Gita, sementara runner up pertama diraih oleh Adi dan runner up kedua diraih oleh Ekabima

3. KDI 3 tahun 2006

Juara = Lola
Runner up 1 = Eny
Runner up 2 = Dedi

4. KDI 4 Paling Yahuud tahun 2007

Juara = Nurdin
Runner up = Frida
Runner up = Widi

5. KDI 5 tahun 2008

Juara = Vita
Runner Up = Yofie
Runner Up = Dewi

6. KDI 6 2009

Juara = Vika
Runner Up = Adnan
Runner Up = Via

7. Gerbang KDI 7 (MNCTV) 2014

Juara = Yendri
Runner Up = Syamsir


Itulah para juara, dari KDI 1-7 mulai tahun 2004 sampai 2014. Melihat data di atas, saya heran mengapa jarak antara sesi 6 ke sesi 7 begitu lama, sekitar 3 tahun. Apa yang menyebabkan acara ini di tahun 2010-2013 vakum?. Menurut sumber berita yang saya dapat, terhentinya acara ini di tahun 2010-2013 adalah faktor rating yang menurun drastis di tahun 2009. Sebuah survey independen, AC Neilson mendata bahwa acara ini sudah tidak menarik minat masyarakat, atau bisa dikatakan jenuh. Sehingga tak ada satupun episode di KDIenam tahun 2009 yang masuk rating 20 besar yang jelas berpengaruh pada sponsor. Oleh karena itu sangat wajar kalau di 3 tahun tersebut vakum.

Kembali muncul di tahun 2014, acara ini pun sebenarnya tidak bisa dikatakan terlalu sukses. Karena Indosiar dengan DAcademy-nya telah mencuri start terlebih dulu. Semoga bermanfaat.

Kategori :

Info

1 komentar:

sekarang D Academy sudah ambil alih ajang pencarfian bakat untuk penyanyi dangdut..
bahkan sebagian dari peserta D Academy adalah mantan peserta KDI 2014 dan 2015.

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting