Via Vallen The Best Dangdut Original

Posting yang saya sajikan kali ini adalah download lagu Via Vallen spesial Dangdut Original klasik dalam aransemen Dangdut koplo, baik dinyanyikan bersama grup-grup kondang Jawa Timur ataupun yang dirilis dalam album rekaman.

Dangdut Original/Klasik Itu seperti Apa?

Sebenarnya untuk menjelaskan hal ini, kita harus mendengarkan ataupun memutar lagu-lagu Dangdut yang pernah populer di era 90an misalnya. Atau kita harus mendengarkan lagu-lagu Dangdut karya Rhoma Irama, koleksi Rita Sugiarto, Elvy Sukaesih, Ikke Nurjanah, Iis Dahlia, Evie Tamala, Mansyur S, Meggy Z dan lainnya.

Anda mungkin tahu lagu Kandas yang dipopulerkan oleh Evie Tamala dan Imron Sadewo di era 90an, lagu Iming-iming yang dipopulerkan oleh Rita Sugiarto, lagu Judi karya Rhoma Irama, lagu Terlena yang dipopulerkan Ikke Nurjanah, lagu duet Kerinduan yang dinyanyikan Rhoma feat Rita Sugiarto, lagu Payung Hitam yang dipopulerkan oleh Iis Dahlia dan sebagainya. Nah lagu-lagu seperti contoh inilah yang dikatakan sebagai Dangdut original klasik yang salah satu ciri khasnya terletak pada vokal atau suara yang identik dengan cengkok yang kental dan vibrasi yang mendayu-ndayu, dimana hal ini bukan merupakan ciri khas vokal Via Vallen yang identik dengan musik pop dan sejenisnya. 

Via Vallen Nyanyikan lagu Dangdut Original?

Sudah menjadi rahasia umum kalau Via Vallen memang memiliki karakter vokal yang lebih cocok untuk menyanyikan lagu-lagu yang genre aslinya berasal dari pop, slow rock, reggae, hip hop, lagu-lagu koleksi grup band dan lagu-lagu barat (silahkan lihat lagu koplo via vallen lengkap). Tak heran jika lagu-lagu yang pernah dirilis dalam album rekaman atau yang dinyanyikan dari panggung ke panggung bersama grup koplo terkenal asal Jawa Timur (OM SERA misalnya) kebanyakan dari genre-genre tersebut. 

Jarang sekali saya menemukan Via Vallen nyanyikan lagu yang berasal dari Dangdut original klasik model era 70an hingga 90an. Namun, bukan berarti Via Vallen anti ataupun tidak bisa menyanyikan lagu-lagu yang berasal dari Dangdut original klasik. Hanya saja jumlah lagu Dangdut original yang pernah dinyanyikan Via Vallen tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan lagu-lagu yang berasal dari genre lain. 

Koleksi Lagu Via Vallen untuk Dangdut Original live Sera, Monata, New Pallapa, dll

Kumpulan lagu Via Vallen Spesial Dangdut Original

Berikut ini adalah daftar lagu koleksi Via Vallen yang berasal dari Dangdut original dalam irama koplo.
  1. Cambuk Derita - OM. Sera. Lagu ini merupakan jenis lagu Dangdut original yang pertama kali dipopulerkan oleh Ida Laila pada era 70an dan direpack (produksi ulang dengan aransemen baru) oleh Ikke Nurjanah di era 90an.
  2. Cincin Kawin - OM. Monata Live Jembrung Gempol. Lagu juga bagian dari Dangdut klasik koleksi duet Rhoma Irama Elvy Sukaesih yang diluncurkan di era 60an akhir atau 70an awal.
  3. Cinta dan Dilema - New Pallapa Live Kedungdung, Sampang, Madura Jawa Timur. Lagu Dangdut original ini pertama kali dipopulerkan oleh Ikke Nurjanah di era 90an.
  4. Dosa dan Siksa - OM. Sera Live Gresik Jawa Timur. Lagu ini juga koleksi Dangdut original klasik era 70an dan dirilis ulang oleh Iis Dahlia tahun 1997
  5. Gedung Tua - OM. Sera Live Madura. Lagu ini koleksi Dangdut original lawas Elvy Sukaesih yang diluncurkan sekitar era 80an.
  6. Haruskah Berakhir - OM. Monata Live Kudus. Lagu ini karya cipta Rhoma Irama yang dipopulerkan oleh Ridho Rhoma di era 2000an.
  7. Hujan - OM. Sera - Lagu ini koleksi Erie Susan
  8. Ikhlas - OM. Sera live Jaken. Koleksi Rita Sugiarto
  9. Iming-iming - Koleksi Rita S - AJT
  10. Janji - OM. Sera The Best Arafiq
  11. Kandas - OM. New Pallapa live Unesa, Koleksi Evie Tamala feat Imron Sadewo dalam Album Tumbal Moneta Grup 1998
  12. Kecewa - OM. New Pallapa Album Seroja. Koleksi repack Iis Dahlia 1997
  13. Keramat - OM. Monata live Candisari Purwodadi - Koleksi dan Ciptaan Rhoma Irama
  14. Ku Nanti di Pintu Surga - OM. Sera. Lagu ini koleksi Intan Ali (era 80an)
  15. Milikku - OM. Sera/Sandi Record the best Arafiq. Koleksi A. Rafiq yang diluncurkan era 70/80an
  16. Muara Kasih Bunda - OM. New Pallapa - Koleksi Erie Susan 2013
  17. Pacar Dunia Akhirat - OM. Sera - Koleksi Rita Sugiarto
  18. Pandangan Pertama - OM. Sera/Sandi Record - Koleksi A. Arafiq
  19. Pengalaman Pertama - OM. Sera/Sandi Record - Koleksi Elvy Sukaesih - Arafiq
  20. Perasaan Wanita - OM. Sera live Bangkalan 2014 - Koleksi Yunita Ababil
  21. Perpisahan - OM. Sera live Gresik
  22. Pertemuan  -  feat Brodin - OM. Sera. Koleksi Rhoma Irama feat Noer Halimah
  23. Sebotol Minuman - OM. Sera - Koleksi Titik Nur era 80an
  24. Tanda Cinta - OM. Sera Live Wonogiri 2014 - Koleksi Meggy Z direpack oleh Noer Halimah
  25. Tersisih - OM. Sera - Koleksi Rita Sugiarto
Itulah beberapa koleksi Via Vallen yang berasal dari koleksi Dangdut original lawas klasik yang diambil dari koleksi Rita S, Elvy S, Evie Tamala, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Noer Halimah dan lainnya. Dan diantara lagu-lagu tersebut (Pertemuan misalnya) juga merupakan bagian dari koleksi New Pallapa untuk lagu-lagu Noer Halimah. Jika ada link yang tidak bisa didownload, silakan komplain melalui komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat...

Kategori :

via-vallen

2 komentar

Kpd yg ter hormat grup om sera, saran sy alangkah lbh baik jika pada alunan lagu utk tdk selalu diiringi dgn kata2 atau celotehan kata lain selain bait lagu ini sgt mengganggu alunan lagu yg semestinya sgt enak dihayati jadi sgt terganggu, terimaksih mhn di sikapi tank

Sebenarnya lebih baik begitu, dan tidak hanya grup OM Sera saja, tapi mayoritas grup Dangdut sekarang memang seperti itu. Akan tetapi hal itu merupakan ciri khas dari grup Dangdut koplo sebagai yel-yel atau semangat yang ketika berceloteh itu tidak disadari atau refleks karena hentakan kendang koplonya. Berbeda sekali dengan grup Dangdut dulu...

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting