Koleksi Lagu Campursari Dangdut Pilihan

lagu campursari dangdut koleksi cak diqin didi kempot nurhana dll
Sebenarnya koleksi lagu bercorak Campursari Dangdut itu sudah ada sebelum lahirnya koplo. Dan sebenarnya juga genre ini bisa dikatakan sama dengan Dangdut itu sendiri. Perbedaannya hanya terletak pada bahasa yang digunakan dalam syair atau lirik tembang tersebut yaitu bahasa jawa. Sedangkan strukutur musik dan arransemennya bisa dikatakan sama.

Jika Campursari Langgam yang mempopulerkan adalah (alm) Manthous dengan koleksi tembang yang melejit seperti Yen Ing Tawang, Rondo Kempling, Ngidam Sari dan sebagainya, maka untuk jenis lagu campursari Dangdut yang mempopulerkannya adalah Didi Kempot, Nurhana, Cici Sahita dan lainnya. Bahkan kalau tidak salah, Nurhanna populer terlebih dulu dibandingkan Didi Kempot melalui koleksi album Lingsir Wengi (1998), Kusumaning Ati, Wes-ewes, dan sebagainya. Lalu di awal tahun 2000an Didi menyusul dengan album perdananya di genre ini dengan judul Stasiun Balapan yang begitu menggebrak.

Struktur musik antara Campursari langgam dan Dangdut sangatlah berbeda. Beberapa perbedaan itu di antaranya adalah notasi, alat musik (instrumen) yang digunakan. Pada Campursari langgam notasinya hanya terdiri dari pelog dan slendro, dan alat musik yang digunakan atau dimainkan didominasi oleh alat musik tradisional seperti Gamelan, Gendang Jawa, Sitar Jawa, Gong, Bonang, sedangkan pada Campursari Dangdut, notasi musiknya lebih beragam dari sekedar pelog slendro, dan seperti saya katakan di awal, struktur atau aransemen musiknya memang sama dengan Dangdut. Alat musik yang digunakannya pun tidak lagi didominasi oleh alat musik tradisional melainkan alat musik modern seperti yang digunakan oleh musisi atau grup Dangdut seperti Keybord, Gitar Elektrik, Bass Elektrik, Drum, Gendang model tabla dan Seruling bernotasi standar internasional (do re mi dst). Oleh karena itu, antara lagu Campursaridut dan Dangdut itu sendiri hanya berbeda pada lirik atau bahasa lagu (syair) yang digunakan saja.

Sebenarnya sebelum lahir Koplo, semua lagu yang bernuansa pelog slendro, dan berbahasa Jawa hanya mengenal istilah campursari saja tanpa ada embel-embel Dangdut, meskipun sudah ada yang bernuansa Dangdut seperti tembang Lingsir Wengi, Kusumaning Ati, Prahu Layar dll. Namun, perlahan istilah tersebut berkembang dengan sendirinya, terutama ketika Didi Kempot mempopulerkan lagu berjudul Stasiun Balapan, Sewu Kutho, dan seterusnya.

Setelah populernya aliran koplo di Jawa Tengah, Jogja dan tentunya di basis aslinya yaitu Jawa Timur, perlahan tapi pasti unsur koplo ini pun merasuk dalam jiwa lagu campursari Dangdut. Sehingga istilah Campursari itupun semakin berkembang lagi, menjadi Campursari Koplo.

Untuk lebih mudahnya saya gambarkan alur perkembangan musik campursari melalui lagu Prahu Layar sebagai contoh. Sebelum lahir Koplo, lagu Perahu Layar itu hanya disebut Campursari saja, setelah dipopulerkan oleh Didi Kempot, maka ada tambahan Dangdut di belakang atau bisa juga di depan sebutan kata Campursari, setelah lahir dan populer koplo, maka jadi Campursari Dangdut Koplo atau lebih praktis dan lebih banyak yang menggunakan sebutan Campursari Koplo.

Untuk jenis lagu Campursari Koplo ada tiga macam. Pertama berasal dari Campursari Langgam yang kemudian digarap atau diaransemen Koplo. Kedua, Campursari Dangdut yang dipentaskan dengan garapan atau aransemen koplo, ketiga tembang yang memang ketika sudah diluncurkan dalam warna asli Campursari Koplo. Untuk poin ketiga ini bisa ditemukan pada lagu-lagu seperti Kanggo Riko, Kelangan, Edan Turon, Aku Rapopo, Alun Alun Nganjuk, Blebes, Jambu Alas dan sebagainya.

Nah, berikut ini adalah link download koleksi lagu Campursari Dangdut pilihan yang saya bagi menjadi dua kategori seperti yang sudah saya jelaskan di atas yaitu pra dan pasca lahir Koplo :

A. Koleksi Lagu Campursari Original Pra-Koplo

  1. Bagus Adine - Nurhana
  2. Bojo Loro - Cici Sahita
  3. Cidro - Didi Kempot
  4. Caping Gunung - Nurhana
  5. Cintaku Sekonyong-konyong Koder  - Didi Kempot
  6. Joko Lelur - Sentot S
  7. Kelinci Ucul - Novi
  8. Ke Taman Asmoro - Didi Kempot
  9. Keno Godho - Nurhana
  10. Kusumaning Ati - Nurhana
  11. Kutut Manggung - Waljinah
  12. Layang Kangen - Didi Kempot
  13. Lelo Ledung - Waljinah
  14. Lingsir Wengi - Nurhana
  15. Mas Joko - Nurhana
  16. Mendem Wedok'an - Cak Diqin ft Dini Aditama
  17. Nunut Ngiyup - Didi Kempot
  18. Ngidamsari - Manthous ft Sunyahni
  19. Ojo Digondeli - Manthous Ft Sunyahni
  20. Ojo Lamis - Manthous
  21. Ojo Sembrono - Manthous ft Ani Sunyahni
  22. Ojo Dipleroki - Nurhana
  23. Prahu Layar - Nurhana
  24. Resepsi - Anik Sunyahni
  25. Rondo Kempling - Manthous ft Lilis D
  26. Sakit Rindu - Manthous ft Ami
  27. Sayang Sayang - Safitri
  28. Senthir Lengo Potro - Nurhana
  29. Sepur Argo Lawu - Cak Diqin
  30. Sewu Kutho - Didi Kempot
  31. Sido Rondo - Safitri ft Cak Diqin
  32. Stasiun Balapan - Didi Kempot
  33. Sutradara Cinta - Didi Kempot
  34. Taman Jurug - Didi Kempot
  35. Tanjung Mas Ninggal Janji - Didi Kempot
  36. Terminal Tirtonadi - Didi Kempot
  37. Walang Kekek - Waljinah
  38. Wes Hewes eWes - Cici Sahita
  39. Wuyung - Manthous
  40. Yen Ing Tawang Ono Lintang - Manthous

B. Campursari Dangdut Pasca Koplo Terbaru

  1. Kidung Wahyu Kolosebo - Nella Kharisma
  2. Tresnoku Kepenggak Itungan Jowo - Via Vallen
  3. Korban Janji - GuyonWaton - Nella Kharisma
  4. Ora Masalah - GuyonWaton - Via Vallen
  5. Prei Kanan Kiri - Jihan Audy
  6. Wong Edan Kui Bebas - Nella Kharisma
  7. Koyo Langit Ambi Bumi - Nella Kharisma
  8. Bohoso Moto - Nella Kharisma
  9. Kepaling - Via Vallen
  10. Wegah Kelangan - Via Vallen
  11. Bisane Mung Nyawang - Nella Kharisma
  12. Gemantunge Roso - Suliyana
  13. Sing Biso - Vita Alvia
  14. Ngelabur Langit - Vita Alvia
  15. Banyu Langit - Didi Kempot
  16. Tembang Tresno - Irene Ghea
  17. Dalan Anyar - Didi Kempot
  18. Kalung Emas - Didi Kempot
  19. Gelang Kalung - Intan Chaca
  20. Kembang Rawe - Nella Kharisma
  21. Suket Teki - Didi Kempot
  22. Terminal Giwangan - Didi Kempot
  23. Lewung - Nella Kharisma
  24. Nitip Kangen - Dimas Tedjo
  25. Lungiting Asmoro - Didi Kempot
  26. Pantai Klayar - Didi Kempot
  27. Tresno Waranggono - Didi Kempot
  28. Tangise Sarangan - Didi Kempot
  29. Cinta Tak Terpisahkan - Cak Diqin
  30. Jambu Alas - Didi Kempot Ft Nunung Alvi
  31. Ngidam Penthol
  32. Ngidam Jemblem
  33. Penthil Kecakot - Cak Diqin
  34. Perawan Kalimantan - Didi Kempot Ft Rena
  35. Tragedi Tali Kutang - Cak Diqin
Itulah tembang-tembang koleksi Campursari Dangdut pilihan admin yang didasarkan dua kotegori, yaitu pra dan pasca lahirnya koplo.

Jika ada yang tanya kenapa TKW gak masuk dalam daftar padahal cukup populer dan terkenal?, karena memang tembang itu bukan cmpursrari-dandut. Struktur musik (aransemen) dan juga syair yang digunakan berbahasa Indonesia. So, TKW lebih identik dengan Dagdut klasik.

Kategori :

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting