Ingin Ikut Kontes Nyanyi Dangdut? Baca Tips Ini.

tips untuk kontes dan lomba nyanyi Dangdut

Tak disangkal lagi bahwa untuk menjadi seorang artis terkenal, salah satunya adalah dengan cara ikut kontes nyanyi Dangdut terutama di level nasional yang diselenggarakan oleh televisi swasta. Untuk itu, kali ini saya ingin berbagi seputar tips ikut kontes nyanyi bagi pemula khusus untuk lagu yang akan dinyanyikan ketika mengikuti kontes nyanyi itu. Maksud pemula di sini adalah calon peserta yang tidak pernah memiliki pengalaman nyanyi semi-profesional (penyanyi dari panggung ke panggung berbayar) atau belum pernah sama sekali mengikuti ajang lomba nyanyi di manapun.

Jika sobat berhasrat untuk ikut kontes nyanyi Dangdhut seperti yang sering diselenggarakan oleh televisi swasta nasional seperti DAcademy Indosiar (DA), KDI TPI, tidak ada salahnya jika sobat baca beberapa tips di bawah ini.

A. PEMILIHAN LAGU UNTUK KUALITAS VOKAL YANG BAGUS

Pemilihan lagu oleh calon peserta menjadi salah satu elemen yang penting. Jangan anggap sepelekan ketika sobat akan memilih atau menyanyikan lagu, terutama ketika baru masuk tahap seleksi awal (atau biasa dikenal dengan babak audisi). Mengapa penting?. Ketika sobat sebenarnya memiliki kualitas vokal yang bagus (baik menurut sobat sendiri atau penilaian orang lain) akan tidak berarti apa-apa ketika sobat menyanyikan sebuah lagu yang dalam tanda kutip tidak memiliki tantangan sedikitpun, mulai dari vibrasi, cengkok, tehnik pernapasan dan sebagainya (ingat, ini adalah ketika di awal tahap seleksi).

Meski sebenarnya ada yang beranggapan kalau memang suaranya bagus, maka nyanyi lagu apapun bagus, itu tidak bisa dijadikan alasan atau dasar yang kuat. Kenapa?, karena potensi sobat hanya dikeluarkan lewat lagu-lagu yang tidak memiliki tantangan. Hal ini akan menjadi pertimbangan penting oleh juri. Sebagus apapun kualitas vokal, tapi hanya menyanyikan lagu yang kurang berbobot, maka akan jadi terasa biasa-biasa saja dalam pandangan juri. Selain lagu itu terasa biasa saja, dewan juri juga akan menilai bahwa sobat tidak percaya diri, karena sobat tidak berani menyanyikan sebuah lagu yang sebenarnya sobat mampu.

Sebagai contoh begini, Lesti (sang juara DAcademy yang bisa dijadikan sebagai dasar vokal yang bagus) menyanyikan sebuah lagu yang berjudul KUDA LUMPING koleksi Elvie Sukaesih. Lagu bernada mayor ini sama sekali tidak ada tantangan dalam hal vibrasi, cengkok, dan tehnik vokal lainnya. Suara Lesti yang mendayu-dayu, memiliki vibrasi yang matang, cengkok yang mantap, tune yang bagus, akan terasa biasa saja vokalnya ketika melantunkan lagu ini, seolah hilang karena iramanya yang memang bertempo sedikit cepat. Akan menjadi hal yang berbeda ketika Lesti membawakan sebuah lagu Dangdut yang bagus tapi jarang dipentaskan seperti ANAK YANG MALANG misalnya. Kualitas vokal Lesti akan terdeteksi oleh dewan juri, dan potensinya juga akan lebih terlihat, karena lagu ini memang cukup berbobot dengan ral yang lumayan panjang dan notasi yang cukup rumit.

Lalu bagaimana mengukur atau menilai bagus tidaknya vokal sobat?. Pertama, sobat bisa bertanya kepada teman-teman sebanyak mungkin, jangan hanya satu atau dua saja. Kedua, record (rekam) suara sobat menggunakan ponsel, tape recorder atau yang lain dengan menyanyikan sebuah lagu yang sangat populer digunakan untuk lomba nyanyi, Pacar Dunia Akhirat misalnya. Lalu putarlah rekaman itu, dan bandingkan dengan yang asli ataupun yang dinyanyikan oleh seseorang yang menurut sobat memiliki kualitas vokal yang bagus.

Daftar Lagu Yang Layak Dipelajari

# UNTUK PRIA

I.  Lagu-lagu Meggi Zakaria. Banyak sekali koleksi lagu Meggy Z yang berbobot, terutama di ral-ral awal yang cukup panjang.
  1. Mahal
  2. Cinta Hitam
  3. Tajamnya Cinta
  4. You
  5. Mata Air Cinta
II. Lagu2 Rhoma Irama. Coba sobat download (jika belum punya) dan dengarkan lagu yang berjudul Remaja. Lagu ini memiliki ral yang sangat rumit di awal dan juga rumit untuk tehnik vokal dan cengkok serta notasi.
  1. Akulah Saudaramu
  2. Remaja
  3. Baca
  4. Anak Yang Malang
  5. Tabir Kepalsuan
  6. Rantai-rantai Derita - Lagu ini memang tidak memiliki ral di awal lagu, tapi sangat layak dipelajari di bagian vibrasi, cengkok, pengaturan napas serta ketepatan tempo.
III. Lagu-lagunya Mansyur S. Koleksi lagu Mansyur S juga kerap menjadi lagu yang dinyanyikan oleh peserta dengan kualitas vokal yang bagus atau di atas standar.
  1. Air Mata Perkawinan
  2. Pelaminan Kelabu
  3. Zubaidah
IV.  Koleksi lain
  1. Gadis Malaysia - Yus Yunus
  2. Sapu Tangan Merah - Yus Yunus
  3. Gembala Cinta - Ashraff - memiliki ral yang cukup sulit untuk cengkok dan vibrasi
  4. Sharmila - Tingkat kesulitan di cengkok lagu dan putaran. Jika tidak hati-hati bisa salah masuk
  5. Gejolak Asmara - Nassar KDI
  6. Pendusta - Hamdan ATT
# UNTUK WANITA (CEWEK)
  1. Si Kecil - Rita Sugiarto
  2. Zainal - Rita Sugiarto
  3. Pacar Dunia Akhirat - Rita Sugiarto
  4. Biarlah Merana - Rita Sugiarto
  5. Jera - Riza Umami/Noer Halimah
  6. Sumpah Benang Emas - Elvi Sukaesih
  7. Kejam - Elvie Sukaesih
  8. Pesta Panen - Elvi Sukaesih
  9. Siapa Kau - Lilis Karlina
  10. Mata Hati - Iis Dahlia
  11. Beban Asmara - Iis Dahlia
  12. Payung Hitam - Iis Dahlia
  13. Maghadir - lagu kasidah/gambus
  14. Bunga Dahlia - Ida Laila
  15. Siksa Kubur - Ida Laila

B. PEMILIHAN LAGU YANG TEPAT UNTUK KUALITAS VOKAL STANDAR

Sekali lagi saya katakan, ini adalah tips untuk sobat yang baru akan mengikuti audisi. Kualitas vokal lumayan ini biasanya tidak memiliki vibrasi yang bagus (vibrasi biasa saja), cengkok yang kurang mantap, akan tetapi punya kemampuan dalam hal tuning (nada), alias tidak fals ketika bernyanyi. Jika sobat memilki kualitas vokal seperti ini, maka ketika sobat ingin ikut lomba atau seperti festival nyanyi Dhangdut jangan terlalu percaya diri. Artinya, kualitas vokal yang pas-pasan (dalam bahasa nyanyi) jangan dipaksakan untuk menyanyikan lagu yang bobotnya sangat berat. Sebagai contoh, ketika sobat merasa bahwa kualitas vokal pas-pasan akan tetapi menyanyikan sebuah lagu yang berbobot, ral panjang, notasi rumit, temponya juga rumit, seperti KEJAM Elvie S, atau Mata Hati koleksi Iis Dahlia, Air Mata Perkawinan koleksi Mansyur S dll. Jika sobat tetap memaksakannya itu sama saja sobat tidak ingin tampil ke level berikutnya, hanya karena sobat terlalu terobsesi dan terlalu over percaya diri bahwa menyanyikan lagu berbobot maka akan lebih mudah lolos.

Di sisi lain, sobat punya keunggulan dalam hal penampilan panggung yang oke, ekspresif, camera face. Sangat disayangkan jika sobat memaksakan melantunkan tembang-tembang yang sangat berat untuk kualitas vokal sobat. Coba sobat pilih lagu yang tidak terlalu berat tantangannya misalnya Selamat Malam koleksi Evie Tamala, Tidak Semua Laki-laki koleksi Basofi Sudirman, atau lagu berirama ceria seperti Terajana, Kopi Dhangdut, Terlena, 1000 Alasan dll. Lagu berbobot ringan seperti ini sangat cocok buat sobat yang memiliki potensi lain seperti aksi panggung yang atraktif, memiliki wajah yang kamera face (indah di pandang mata).

Lagu yang layak dipelajari :

A. Peserta Pria (Cowok)
  1. Tidak Semua Laki-laki - Basofi Sudirman
  2. Pagar Makan Tanaman - Mansyur S
  3. Pasrah - Muchsin Alatas
  4. Rembulan Bersinar Lagi - Mansyur S
  5. Sakit Gigi - Meggy Z
  6. Senyum Membawa Luka - Meggy Z
  7. Angka Satu - Caca Handika
  8. Kegagalan Cinta - Rhoma Irama
  9. Penasaran - Rhoma Irama
  10. Termiskin Di Dunia - Hamdan ATT
  11. Dan lain-lain
B. Peserta Wanita (Cewek)
  1. Terlena - Ikke Nurjanah
  2. Selamat Malam - Evie Tamala
  3. Emosi Diri - Murni Chania
  4. Jatuh Bangun - Kristina
  5. Pria Idaman - Rita Sugiarto
  6. Mandi Madu - Elvi Sukaesih
  7. Bulan - Mega Mustika
  8. 1000 Alasan - Sazkia Gotik
  9. Bara Bere - Siti Badriah
  10. Hallo Dangdhut - Rita Sugiarto
  11. Dan lain-lain
C. PILIHAN LAGU UNTUK VOKAL BERKARAKTER

Jika sobat memiliki karakter vokal yang unik atau tidak identik dengan penyanyi Dhangdut yang sudah top, sobat bisa menyanyikan lagu apapun. Dengan catatan sobat memiliki kualitas vokal minimal standar, jika kualitas suara sobat masih di bawah standar, apalagi tidak paham dengan tune (nada yang mengikuti musik), meski memiliki karakter vokal unik, tidak akan membantu sobat. Akan tetapi jika karakter vokal sobat unik dan memiliki kualitas minimal standar (tidak fals, bisa mengikuti nada), ini akan sangat menguntungkan sobat ketika menyanyi lagu apapun.

Hal ini adalah pengecualian, jika sobat memiliki karakter vokal yang sangat bagus baik vibrasi, cengkok dan tehnik-tehnik bagus yang lain tapi ternyata identik dengan artis populer (Rhoma Irama misalnya), maka sebaiknya hindari menyanyikan lagu-lagu dari Rhoma Irama. Sobat bisa membawakan lagu berbobot dari artis penyanyi lain, misalnya lagu koleksi Mansur S seperti Zubaidah, Air Mata Perkawinan dan sebagainya. Ini bisa meminimalisir kemiripan suara sobat.

Lain lagi jika sobat memiliki karakter vokal nge-rock seperti Alam atau Aan KDI. Maka sebaiknya sobat menanyikan lagu-lagu yang aslinya ngebit tapi tidak ngerock, lalu sobat bawakan dengan gaya vokal sobat sendiri. Misalnya lagu Penasaran milik Rhoma Irama. Lagu ini bertempo cepat dan ngebit. Di lagu aslinya, Rhoma Irama menyanyikan lagu ini masih dalam nuansa Dangdhut biasa. Sobat bisa improvisasi dengan karakter rock. Ini akan menjadi nilai tambah. Selain karakter vokal sobat sendiri, juga nilai plus untuk kreatifitas dalam improvisasi. Hindari sobat membawakan koleksi Alam seperti Mbah Dukun, Sabu-sabu dan sebagainya. Karena akan lebih baik jika sobat menyanyikan lagu bertempo cepat, tapi tidak ngerock, lalu sobat bawakan dengan karakter ngerock. Selain Penasaran, ada lagu seperti Aku Bukan Pengemis Cinta koleksi Jhoni Iskandar, Malam Minggu koleksi Rhoma Irama. Itu untuk suara berkarakter ngerock bagi pria.

Untuk karakter vokal ngerock wanita (seperti Dona DAcademy atau Tutha), maka banyak sekali lagu-lagu klasik biasa yang bisa dibawakan dengan gaya ngerock. Akan tetapi, sama seperti halnya pria. Sobat cewek juga jangan manyanyikan lagu yang aslinya memang sudah ngerock seperti Maling koleksi Nitha Thalia, Goyang Heboh dll. Sobat bisa menyanyikan lagu yang aslinya tidak ngerock tapi bertempo cepat dan ngebit, Misalnya Wakuncar koleksi Camelia Malik, Laguku koleksi Ahmad Albar tapi lebih sering dinyanyikan oleh penyanyi wanita, Liku-liku, Lima Menit koleksi Ine Sinthya dan sebagainya.

D. Lain-lain

Selain sobat memiliki kualitas atau vokal seperti yang tersebut di atas, sobat juga harus mempersiapkan secara matang faktor-faktor seperti di bawah ini :
  1. Mental. Tidak sedikit orang yang memiliki kualtias vokal di atas rata-rata namun mental nol besar. Jangankan menyanyi, mencoba untuk ikut daftarpun tidak. Selain itu, peserta yang mentalnya tidak kuat, sebagus apapun suaranya akan lenyap seketika ketika berhadapan dengan juri. Vokal bahkan tidak keluar sama sekali, apalagi vibrasi, cengkok, syair dan sebagainya.
  2. Aksi Panggung. Sebagus apapun suara dan vokal sobat, tapi jika cara sobat bernyanyi seperti pohon pisang atau paduan suara, ini sangat mengurangi nilai sobat. Setidaknya berlatihlah bergerak kesana kemari sesuai irama dan juga luas ruang audisi.
  3. Ekspresi dan Penjiwaan. Nikmatilah sobat dalam bernyanyi seperti sobat alami sendiri di lagu tersebut. Padukan eskpresi, gaya panggung dan kualitas vokal sesuai dengan kebutuhan. Artinya tidak seutuhnya full sobat harus atraktif di atas panggung ataupun terlalu dalam penjiwaan. Meskipun baru audisi, sobat bisa saja membayangkan bahwa yang sobat hadapi adalah penonton yang sangat banyak. Hal ini juga akan menambah nilai tersendiri bagi juri
  4. Tehnik pernapasan, tehnik mic-ing (misalnya ketika bernada tinggi di tengah lagu, sobat harus mengontrol power suara sobat dengan jarak microphone, begitupun dengan nada rendah), kontrol vokal (ketika sobat beraksi di panggung, kontrol vokal menjadi sangat penting. Untuk itu dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi).
  5. Kostum atau pakaian. Untuk tahap audisi, sebenarnya pakaian atau kostum tidak terlalu besar pengaruhnya bagi penilaian juri, karena biasanya dewan juri akan lebih memprioritaskan calon peserta yang punya nilai lebih di vokal dan penampilan (aksi panggung).
Itulah tips yang bisa saya share jika sobat ingin ikut kontes nyanyi Dangddut. Hal ini tentu terlepas dari sobat yang hanya ingin memeriahkan dan meramaikan saja (daripada bengong), dan tidak memiliki potensi-potensi seperti tersebut di atas dan bahkan bisa menilai diri sendiri bahwa sobat sebenarnya percaya kalau tidak akan lolos, karena tidak punya potensi dan kualitas vokal, notasi atau tune yang parah (tidak bisa mengikuti nada musik), aksi panggung dll. Atau kalau menurut teman saya, yang penting ikut, siapa tahu nongol di televisi dan bisa curhat (saya ini orang gak punya dan sebagainya..). Nah jika sobat mengikuti sebuah ajang lomba nyanyi dengan tujuan seperti itu, maka tips ini tidak berguna. Tips ini bisa berguna ketika sobat baru akan masuk tahap seleksi atau audisi. Ketika sobat dinyatakan lolos ke babak selanjutnya, maka tips ini juga tidak terlalu berguna karena lagu yang ditentukan itu bukan pilihan sobat, akan tetapi sudah dipilihkan oleh tim kreatif (panitia penyelenggara).

Jadi, jika sobat ternyata ada di kapasitas B (kualitas vokal standar) tapi harus menyanyikan lagu yang sangat berbobot dan sobat merasa tidak mampu, maka ini adalah nasib sobat sendiri yang mau tidak mau harus dinyanyikan, dan tentunya ketika sudah masuk ke tahap berikutnya (setelah audisi lolos), sobat harus punya dukungan yang banyak dari luar (SMS) agar bisa bertahan seperti yang sudah terjadi di berbagai ajang kontes di televisi swasta nasional. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jika tips ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk share di facebook, twitter atau sosmed yang lain. Terimakasih

Kategori :

info

6 komentar

terimakasih tips nya, sangat beermanfaat, akan kami coba,.. semoga sukses

minta do'a aja min saya mau ikut audisi DA3

saya ingin jadi penyanyi,,,saya asli padang tinggal di bekasi ,,,klau di bekasi ada ngak tmpat casting nya

Saya ingin jadi penyanyi..tapi saya kurang percaya diri karena sudah lama tidak bernyanyi
Tapi makasih tips nya y
Semoga berhasil
#amin

Amin..semoga sukses mbak Dina..yang penting berusaha, jangan pernah putus asa, dan jangan minder atau tidak percaya diri..itu modal utama untuk jadi penyanyi...

Semoga sukses jadi penyanyi Dangdut mas...semoga tips ini bisa menjadi motivator...

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting