Download Lagu Dangdut Populer Berkualitas

Download lagu Dangdut dengan kualitas vokal berbobot

Maksud dari lagu Dangdut berkualitas tinggi di sini adalah yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi ketika kita coba untuk berlatih dan uji vokal. Tembnag dengan kualitas vokal yang rumit dan berbobot bisa dilihat atau didengar dari beberapa hal. Pertama, ral tinggi dan panjang di awal atau akhir bait. Kedua, ral panjang dan tinggi yang memiliki tempo irama sulit. Ketiga, memiliki nada tinggi di reff dengan variasi cengkok dan vibrasi yang sulit.

Mari kita bahas satu persatu lagu-lagu Dangdut berkualitas tinggi yang bermanfaat untuk melatih uji vokal kita sebelum mengikuti kontes nyanyi Dangdut.

A. Lagu Yang Memiliki Ral Panjang dan Bernada Tinggi di Awal dan Akhir/Coda

Untuk memudahkan dalam memahami kategori ini coba sobat download tembang Payung Hitam koleksi Iis Dahlia dan dengarkan. Atau jika sobat sudah punya, perhatikan dan dengarkan dengan sebenar-benarnya ral di awal tembang yang panjang dan memiliki nada yang sangat tinggi (di atas standar). Perhatikan pula ral coda yang juga cukup panjang dan tinggi. Lagu ini bisa digunakan sebagai latihan vokal sobat.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan di syair atau bait berikut :

Bagai bencana.....yang melanda.. \musik\... Setelah.. Ku dengar.... keputusanmu...

Di ral awal tersebut, tembang ini memiliki nada yang cukup tinggi di atas standar dengan vibrasi dan cengkok yang sebenarnya tidak terlalu rumit. Tingkat kesulitan itu sebenarnya ada pada bait....

Ku...Dengar.....

Memang wajar jika hal itu sulit, karena si empunya tembang itu sendiri saja kadang saat nyanyi tembang ini, di bagian bait itu terkadang terdengar tidak fret (tidak fals, tapi kurang pas didengar). Salah satu alasannya adalah naik turunnya nada di bait tersebut, penyanyi butuh konsentrasi dan pengaturan nafas secara bagus. Tembang ini akan lebih sulit jika sobat tidak atau belum begitu handal dalam menguasai nada laagu, meskipun sebenarnya sobat memiliki materi vokal yang bagus dan di atas standar. Selain awal bait laggu yang cukup sulit, kesulitan juga ditemukan pada bait akhir laghu. Coba perhatikan liriknya

Kejam..kejam..kejam... coda-->> kejam.......(ruh laagu)

Jika sobat tidak hati-hati ketika melewati syair ini, sobat bisa tersedak jika tidak bisa mengatur pernapasan secara bagus. Selain kesulitan pada pengaturan nafas, nadanya juga sangat tinggi. Padahal energi suara sobat sudah banyak terpakai di bait dan syair-syair sebelumnya. Untuk itu, sekali lagi, jika sobat tidak pandai mengatur nafas, mengatur power (energi) dalam menguasai nada, dan konsentrasi, roh laghu akan gagal sobat dapatkan atau parahnya sobat bisa tersedak karenanya.

Kesimpulannya, lagu Payung Hitam koleksi Iis Dahliia ini memiliki nilai plus di ral awal dan akhir atau coda. Jika sobat sukses membawakannya, maka seakan-akan sobat sukses membawakannya secara utuh, meski di  bagian tengah misalnya sobat ada kekurangan, akan tertutup karenanya. Begitu sebaliknya, meski saat sobat bernanyi di bagian tengah sampai reffren sangat bagus, tapi jelek di akhir atau awal nyanyi, maka seolah-olah sobat gagal menyanyikan tembang tersebut. Jadi untuk bisa sukses menyanyikan lagu ini, sobat mesti menguasai awal dan akhir lagu. Karena kunci lagu ini ada di bagian tersebut.

Bisa dikatakan sukses secara sempurna jika sobat bisa menguasai awal dan akhir/coda ditambah lagi sukses di bagian tengah sampai reffren. Coba perhatikan syairnya berikut ini :

Sungguh begitu mudahnya kau memutuskan cinta Hanya dengan satu kata....kata Maaf saja.... Walaupun cuma dua gram cincin yang engkau ikatkan tapi nantinya diriku..akan jadi hinaan akan jadi cemoohan ocehan orang...

Yang saya tulis miring itu adalah kesulitan pada syair tersebut,  yang sebenarnya tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan ral awal atau akhir lagu.  

B. Ral Panjang Disertai dengan Tempo Musik

Meski lagu Payung Hitam memiliki ral panjang dan bernada tinggi, tapi sebenarnya ini lebih mudah dibandingkan jika harus dipadu dengan musik (ketepatan tempo musik), seperti misalnya lagu Gembala Cinta koleksi Ashraff, atau Pacar Dunia Akhirat koleksi Rita Sugiarto. Artinya, sobat mesti menguasai nada, tempo musik saat bagian syair di ral awal lagu tersebut. Jika menyanyikannya diikuti oleh iringan grup seperti Dacademy atau KDI, maka sobat harus bekerja sama dengan grup tersebut saat latihan. Ini yang biasa terjadi pada artis Dankdut profesional. Bahwa ketika membwakan sebuah tembang yang memiliki ral bermusik seperti Pacar Dunia Akhirat, maka si penyanyi biasanya akan menengok ke belakang (ke grup) untuk mengatur tempo agar pas dan cocok. Jika tidak, maka antara penyanyi dan grup tidak sinergi iramanya, atau jalan sendiri-sendiri. Dan ini cukup fatal jika dinyanyikan saat lomba atau kontes nyanyi. Hal yang berbeda, jika dalam menyanyikan tembang itu diiringi oleh kaset karaoke asli atau organ tunggal saat lomba, maka sobat harus lebih jeli dalam hitung-menghitung tempo di laggu-laagu tersebut. Kuncinya adalah perbanyak latihan tempo birama di bagian ral awal. Jika tidak, akibatnya juga sama, keduanya, baik penyanyi atau musik tidak bersinergi secara sempurna.

Mungkin ada yang bertanya, apakah ada laghu yang memiliki ral panjang, saat dinyanyikan tidak terpaku pada musik, atau bisa secara bebas tanpa harus mengikuti tempo irama?. Banyak...contoh Laksamana Raja Di Laut miliki Iyeth Bustami atau Sumpah Benang Emasnya Elvi S, Salehah nya Rhoma Irama, Terbayang-bayang koleksi Ona Sutra, Sapu Tangan Merah Yus Yunus.. Tembang seperti Laksmana Raja Di Laut, memang memiliki ral yang cukup sulit dalam hal cengkok, vibrasi dan pengaturan nafas. Namun tembang ini sebenarnya nadanya tidak terlalu tinggi. Selain itu, tidak ada batasan musik saat sobat melakukakn ral llagu (terserah si penyanyi), karena memang sifat ralnya itu non-musik, tak ada musik bertempo seperti pada tembang Pacar Dunia Akhirat. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan syair pada ral awal laggu Pacar Dunia Akhirat

Hari Ini.... Saya..Umumkan... Pada Bulan... Pada Bintang......

Itu syair awal lagiu Pacar Dunia Akhirat yang biasa, tidak ada musik bertempo. Dan mungkin lebih mudah saat menyanyikannya di bagian syair tersebut. Akan tetapi semua bisa menjadi kacau balau, jika sobat tidak bisa mensinergikannya dengan musik tepat pada lirik atau bait berikut :

Dapatkah ku miliki.. Seorang Kekasih..
 
Itulah contoh syair ral tapi ada musik bertempo yang sebenarnya cukup sulit dinyanyikan oleh sobat terutama saat berusaha mensinergikannya dengan musik (pengiring) dalam waktu begitu cepat.

Hal yang sama juga terjadi pada tembang Gembala Cinta koleksi Ashraff. Coba perhatikan dan dengarkan syair di ral awal ini :

Sekuntum..bunga mekar di taman Disunting..musafir lalu.. Bunga Layu.... Dan gugur ke bumi..

Perhatikan yang saya cetak miring...meski hanya dua kata saja, tapi jika tidak bisa bersinergi dengan musiknya, maka akan jadi kacau balau, meski sebenarnya tidak terlalu parah dibandingkan dengan lagu Pacar Dunia Akhirat. Namun, percaya atau tidak, lagu Gembala Cinta ini adalah salah satu lagu Dangdhut Pria dengan ral tersulit dalam hal cengkok, vibrasi, power dan pengaturan nafas dan notasi lagu yang cukup tinggi.

Itu baru ral di awal yang di bagian syair tertentu harus bersinergi dengan musiknya. Ada lagi, jenis lagu yang ber-ral, dan di bagian syairnya dinyanyikan dengan segera setelah musik ral jalan. Jika bingung, coba perhatikan lagu Kejam koleksi Elvi S

Kejam...kejam..\musik jalan\
mengapa hatimu..\musik jalan\
keras bagaikan...batu...\Intro musik\

Nah, pada bagian setelah musik jalan, jika sobat terlambat sedikit atau beberapa ketukan saja, maka akan merusak suasan ral lagu. Jadi meski saat syair di ral tersebut tidak bareng dan bersinergi dengan musik, akan tetapi terlambat satu ketukan saja di lirik berikutnya, ral lagu sudah gagal dibawakan, dan tentu mengurangi poin.

C. Ral Panjang Tanpa Musik Bertempo Tapi Cengkok, Vibrasi Rumit

Mungkin sudah ada yang saya sebut di atas seperti Gembala Cinta, Ashraff, Gadis Malaysia Yus Yunus adalah contoh lagu yang memiliki vokal berbobot dalam cengkok dan vibrasi, akan tetapi yang sulit dari ral lagu yang paling sulit dalam cengkok dan vibrasi adalah lagunya Rhoma Irama yang berjudul Remaja. Silakan dengarkan ral awalnya. Memang tidak bernada tinggi. Akan tetapi cengkok dan vibrasinya sangat sulit meski kosong tidak ada musik bertemponya. Tingkat kesulitan itu sendiri ada pada cengkok, vibrasi, keras-lirihnya suara, pengaturan nafas. Yang paling sulit tentu keras-lirihnya suara. Coba perhatikan dengan seksama, keras lirihnya bang haji saat membawakan ral lagu Remaja ini, tidaklah sama setiap ketukan. Hanya perasaan terlatih yang bisa menirukan ral ini. 

Ha..ha..ha...
ha..aha
Selain sulit di ral awal, lagu ini sejatinya memiliki tingkat kesulitan secara keseluruhan. Sayangnya lagu ini kurang terlalu populer bagi masyarakat terutama dhangduter yang hobby bernyanyi dan mengikuti lomba nyanyi

Download kumpulan lagu Dangdut berkualitas tinggi dalam hal vokal:

Lagu Dangdut Berkualitas Untuk Pria/Cowok

  1. Download Maya - Muchsin Alatas
  2. Download Cinta Hitam - Meggy Z
  3. Download Pendusta - Hamdan ATT
  4. Download Gembala Cinta - Ashraff
  5. Download Air Mata Perkawinan - Mansyur S
  6. Download Gadis Malaysia - Yus Yunus
  7. Download Sapu Tangan Merah - Yus Yunus
  8. Download Kembalikanlah Dia - Asep Irama
  9. Download Zubaidah - Mansyur S
  10. Download Pelaminan Kelabu - Mansyur S

Lagu Dangdut Berkualitas Untuk Wanita/Cewek ;

  1. Download Payung Hitam  - Iis Dahlia
  2. Download Mata Hati - Iis Dahlia
  3. Download Kejam - Elvi S
  4. Download Sumpah Benang Emas - Elvie S
  5. Download Pacar Dunia Akhirat - Rita S
  6. Download Si Kecil - Rita S
  7. Download Zainal - Rita S
  8. Download Beban Asmara - Iis Dahlia
  9. Download Jera - Riza Umami
  10. Download Bulan Di Ranting Cemara - Tak ada Ral, tapi secara keseluruhan lagu ini sangat sulit.
Itulah beberapa lagu yang mempunyai kualitas tinggi dan berbobot untuk melatih kemampuan vokal sobat, terutama bagi sobat yang suka bernyanyi dan (akan) mengikuti kontes nyanyi Dhangdut seperti KDI dan D'Academy.

Kategori :

dangdut-lawas

3 komentar

Saya pernah ikut lomba karaoke di desa saya dengan menyanyikan salah satu lagu Dangdut berkualitas tinggi dalam hal vokal yaitu si kecil koleksi rita sugiarto...dan alhamdulillah juara 2..lumayan lah...untuk lagu Dangdut sesulit itu..

bermanfaat sekali info nya,ini bisa jadi refferensi buat
yang buat ikut lomba nyanyi.

Syukurlah kalo bermanfaat jeng, silakan belajar dan mengasah vokal anda sebagai persiapan untuk bahan lomba nyanyi atau karaoke dengan berlatih lagu-lagu di atas

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting