Lagu-lagu Dangdut Ini Bukan Koleksi New Pallapa

Maksud dari lagu-lagu ini bukan koleksi New Pallapa yang terdapat dalam album Raja Dangdut 2014 adalah dalam hal produksi album asli untuk kali pertama diluncurkan. Hal ini bertujuan agar jangan sampai terjadi kesalahpahaman atau tidak tahu pada lagu-lagu yang dipentaskan oleh grup-grup Koplo yang kemudian diedarkan melalui vcd, lalu diupload dan dishare di berbagai media online. Sobat harus benar-benar aktif dan selektif, jika sobat benar-benar mencintai musik ini. Mana yang asli karya mereka, dan mana yang bukan koleksi New Pallapa.

Banyak sekali sobat-sobat pecinta koplo (khususnya) yang asal tahu saja terhadap lagu yang baru saja didownload atau dilihat di youtube. Padahal, jika kita mau teliti dan tidak asal nonton youtube saja, ada keterangannya di video tersebut, terkait judul, pencipta atau yang mempopulerkan. Dengan begitu, kita jadi tahu sejarah lagu. Agar kejadian seperti yang pernah saya ceritakan di posting lain di blog ini (lagu Kehilangan Rhoma dikira lagunya Brodin) tidak terulang lagi. Bagi saya, kejadian seperti itu sungguh menyedihkan di saat Dang.dut sedang menjadi penguasa di Indonesia saat ini.

Oleh karena itu saya tertarik membuat posting ini, sebagai antisipasi atau untuk meminimalisir kurangnya informasi terhadap sebuah lagu, terutama lagu-lagu daur ulang yang dinyanyikan oleh Brodin, Gery Mahesa, Agung Juanda dalam album Raja Dankdut 2014 koleksi New Pallapa.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini lagu-lagu Dang-dut yang dikira koleksi OM.New Pallapa 2014 atau penyanyi yang menyanyikan lagu tersebut:
  1. Air Mata dan Mata Air - New Pallapa terbaru, album Raja Dankdut 2014 voc. Agung Juanda. Lagu ini adalah cipt. Aziz Thalib.
  2. Akulah Saudaramu, album yang sama, dinyanyikan oleh Broedin. Ini juga bagian dari koleksi bang haji pra-Soneta, cipt. Bahfen, namun ada pula yang menuliskan kalau ini ciptaan bang haji.
  3. Anak Yang Malang, yang dinyanyikan oleh  Gery Mahesa. Ini juga merupakan salah satu lagu yang dipopulerkan oleh Rhoma, meskipun bukan hasil karya cipta Fauzan B.
  4. Cinta Pertama, cipt. S. Shahab, juga dinyanyikan oleh Gery Mahesa di album New Pallapa terbaru, Raja Dandgut, dinyanyikan oleh Rhoma saat beliau masih gabung dengan OM.Purnama
  5. Harta, Agung Juanda, ciptaan A.Kadir Hasny, dipopulerkan Rhoma Irama
  6. Bangkitlah, oleh Agung Juanda, masih dalam album Raja Dandhut 2014, ciptaan Alam DS
  7. Kemarau, dinyanyikan oleh Broedin dalam album yang sama, ciptaan Hamdan ATT
  8. Keruntuhan Cinta - Broedin, hasil karya cipta Hamdan ATT
  9. Magdalena - Gery Mahesa, diciptakan oleh Awab Purnama, Pra-Soneta
  10. Kesesatan - Agung Juanda, ciptaan Ugan Suganda
  11. Melody Cintaku, Broedin, Ciptaan Awab Abdullah, Pra-Soneta
11 lagu di atas merupakan koleksi R.H.Oma Irama, baik yang muncul di era 60an akhir, 70an dan era 80an akhir. Jadi, lagu-lagu Dangdut itu bukan koleksi New Pallapa asli, bukan pula koleksi Broedin, Agung Juanda ataupun Gery Mahesa, melainkan daur ulang (recycling) lagu yang pernah dipopulerkan Rhoma Irama, dan dari 11 tembang itu bukan ciptaan beliau, baik dinyanyikan sebelum atau sesudah lahirnya OM. Soneta atau Soneta Grup.

Selain itu, dalam daftar tersebut juga ada beberapa lagu yang merupakan hasil dari lomba cipta lagu Dangdoet, seperti Anak Yang Malang, yang lagunya pernah dinyanyikan oleh Lesti D'Academy di kontes D'Academy Indonesia konser final 2 besar. Selain itu, ada pula Kesesatan, Mata Air dan Air Mata, Harta, Kemarau, Keruntuhan Cinta dan Bangkitalah. Sedangkan lagu Melodi Cintaku, Cinta Pertama, Akulah Saudaramu, Magdalena adalah koleksi Rhoma Pra-Soneta.

Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat terutama untuk Dhangduter pendatang baru dalam menambah wawasan seputar sejarah lagu. Tidak hanya sekedar download dan download saja, atau "POKOKE JOGET". Dan untuk fans Dangduter sejati yang mungkin wawasannya lebih banyak dari saya, sangat dipersilahkan untuk memberikan koreksi, jika terdapat info yang kurang tepat atau bahkan salah (baik di post ini atau yang lain) dengan cara berkomentar yang sopan dan benar-benar ingin membantu dalam membenarkan informasi. Bukan malah seakan-akan menantang atau ngetes admin seputar lagu-lagu terentu, atau bertanya tapi sebenarnya pertanyaan itu sama sekali tidak perlu jawaban, karena si penanya sebenarnya sudah tahu, atau sudah punya lagu. Terimakasih

Kategori :

Info

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting