Kisah Dan Lagu-lagu Album Soneta Vol. 5-8

Kisah dan Lagu-lagu dalam Album Soneta Vol.5-8

Sebagai kelanjutan dari kisah, info serta daftar lagu dalam album Soneta Vol. 1-4, di mana ada berbagai gejolak yang menimpa dalam peluncuran album tersebut, kali ini saya juga akan sajikan lagu-lagu dalam album soneta vol. 5-8 disertai berbagai kisah, gejolak atau kejadian nyata, dan info-info lainnya berkaitan dengan album tersebut.

1. Album Soneta Vol. 5 (1977)

a. Kisah dan Sejarah

Perbedaan prinsip antara personel mulai terjadi dalam penggarapan atau peluncuran album yang berjudul MUSIK ini. Adalah Herman (Bass) dan Kadir (Gendang) yang memiliki perbedaan tersebut. Namun, saya sendiri kurang mendapat informasi yang jelas berkenaan perbedaan prinsip tersebut. Yang jelas, munculnya perbedaan itu, kedua personil tersebut mengundurkan diri dari grup setelah launching album kelima ini.


Setelah berpisah dengan grup pimpinan Bang Haji dalam beberapa tahun, Herman akhirnya kembali lagi ke Sonetagrup pada tahun 2003 menggantikan Hj. Popong yang sakit keras. Hak kontrak masih dihandle oleh PT. Yukawi

b. Download Album Soneta Vol 5 (Musik)

Download Soneta Vol 5 Full Rar (27MB)
  1. Musik (Rhoma Irama)
  2. Hitam (Rita S.)
  3. Lapar (Rhoma Irama)
  4. Joget (Rhoma Irama/Rita S.)
  5. Masya Allah (Rhoma Irama)
  6. Pasangan (Rita S.)
  7. Kandungan (Rhoma Irama/Rita S.)
  8. Nyanyian Setan (Rhoma Irama) - Bonus Nyanyian Setan (Arr Baru)
  9. Kunang-kunang (Rita S.)

2. Album Soneta Volume 6 (1978)

a. Kisah dan Sejarah

Peluncuran album yang diberi judul 135 Juta ini adalah awal karir dari pemain gendang baru H. Afif yang menggantikan posisi Kadir setelah mengundurkan diri dari grup ini bahkan hingga saat ini. Sekedar info ringan, H. Afif sebelumnya adalah salah satu personel dari grup rock asal Surabaya, GAFIYAS. Meski judulnya 135 Juta, namun lagu ini sering berubah-rubah judul disesuaikan dengan data jumlah penduduk Indonesia. Dan mungkin ini adalah satu-satunya lagu bang haji yang judulnya tidak konsisten..he..he..

b. Download Album Soneta Vol 6 (135 Juta)

  1. 135 Juta (Rhoma Irama)
  2. Ajojing (Rhoma Irama/Rita S.)
  3. Cup-cup (Rita S.)
  4. Ani (Rhoma Irama)
  5. Lidah (Rhoma Irama)
  6. Cinta Segitiga (Rita S.)
  7. Pemarah (Rhoma Irama)
  8. Bunga Surga (Rhoma Irama/Rita S.) Bonus - Bunga Surga (feat Ida Royani)
  9. Lukaku (Rita S.)

c. Info Tambahan

Khusus untuk lagu yang berjudul Bunga Surga, pasangan duetnya bukan Rita Sugiarto melainkan Ida Royani. Hingga saat ini saya belum mendapatkan keterangan sebenarnya mengapa dalam album tersebut ada nama Ida Royani.


3. Album Soneta Vol. 7 (1979)

a. Kisah dan Sejarah 

Tidak ada kejadian atau gejolak yang melanda dalam penggarapan atau peluncuran albom ini, namun saya pernah mendapatkan info kalau Bang Haji menyebut album yang berjudul SANTAI ini dengan funky Dangdut. Sayapun sepakat dengan bang haji, aransemen musik yang unik dalam lagu SANTAI ini menjadi pembeda. Di awali dengan petikan solo bass yang sederhana namun menjadi ciri khas yang mudah diingat kemudian dilanjutkan dengan ryhtm guitar bersuara cekuwek-cekuwek (fotwah) inilah yang membuat lagu ini disukai juga oleh seniman lain seperti Indra Lesmana, GIGI (pernah dibawakan saat tour di Amerika) dan Slank saat konser sepanggung dengan Soneta di Sidoarjo.

b. Download Album Soneta Vol 7 (Santai)

Download Soneta Vol 7 Full Rar (55MB)
  1. Santai (Rhoma Irama/Rita S.)
  2. Keramat (Rhoma Irama) - Bonus Keramat (Arr Baru)
  3. Teman Biasa (Rita S.)
  4. Kekasih (Rhoma Irama)
  5. Do Mi Sol (Rhoma Irama feat Rita S)
  6. Bahasa Isyarat (Rita S.)
  7. Banyak Jalan Menuju Roma (Rhoma Irama)
  8. Bercanda (Rita Sugiarto)

c. Info Tambahan

Pemegang hak kontrak pada album ketujuh ini tidak lagi dihandle oleh PT. Yukawi, namun sudah berpindah tangan ke Naviri. Saya belum mengetahui atau mendapatkan keterangan berkaitan dengan perpindahan hak kontrak ini.

4. Album Soneta Volume 8 (1980)

a. Kisah dan Sejarah

Album yang berjudul Hak Asasi ini awal 'peperangan' Rhoma Irama dengan pemerintah. Entah apa sebabnya, yang jelas album ini diharamkan oleh pemerintah Orde Baru untuk ditayangkan di TVRI, satu-satunya televisi Indonesia saat itu. Tapi ada yang berpendapat kalau pengharaman itu lantaran Bang Haji yang tergabung dalam politik praktis (PPP) saat itu berhasil mengalahkan Golkar di wilayah DKI. Tapi saya masih sangsi dengan pendapat tersebut, karena tahun 1980 bukan tahun untuk Pemilu Indonesia. Mungkin lebih masuk akal kalau dalam lagu Hak Asasi terdapat syair yang intinya menjunjung tinggi kebebasan berbicara, berkarya yang secara tidak langsung mengkiritik atau menyindir pemerintah Orde Baru dalam penegakkan demokrasi saat itu.

b. Download Album Soneta Vol 8 (Hak Azazi)

Download Soneta Vol 8 Full Rar (46 MB)
  1. Hak Azazi (Rhoma Irama)
  2. Cape (Rhoma Irama/Rita S.)
  3. Buta (Rhoma Irama)
  4. Mati Aku (Rita S.)
  5. Ingkar (Rhoma Irama) -  Bonus Ingkar (Arr baru)
  6. Percuma (Rita S.) - Bonus Percuma Rita S (Karaoke)
  7. Kuraca (Rhoma Irama)
  8. Ada Udang di Balik Batu (Rhoma Irama/Rita S.)

c. Info Tambahan

Setelah pada album sebelumnya, pemegang hak kontrak berpindah tangan ke Naviri, di album ini Yukawi kembali menjadi pemegang sah hak kontrak.

 UPDATE : Untuk download versi mp3, silakan klik Koleksi Soneta Volume 1-16 lengkap

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting