Daftar Artis Dangdut Keturunan Arab-Indonesia

Nassar KDI, salah satu artis dangdut keturunan Arab-Indonesia

Menurut wikipedia, ternyata ada beberapa artis Dangdut keturunan Arab-Indonesia, baik itu dari garis keturunan ayah, ibu ataupun nenek. Sebagai contoh misalnya, Hamdan ATT, artis yang terkenal di era 80an lewat album terpopulernya, Termiskin Di Dunia.

Lalu, siapa lagi artis atau penyanyi Dangdut Indonesia yang memiliki keturunan Arab? Berikut ini adalah daftar yang terdapat dalam wikipedia saat itu tulisan tersebut dibuat, dan mungkin masih banyak yang belum masuk daftar.
  1. Anis Shahab
  2. Camelia Malik
  3. Fahmi Shahab 
  4. Fitria Elvy Sukaesih
  5. Hamdan ATT
  6. Husein Bawafie
  7. Jamal Mirdad
  8. Jihan Amir
  9. Muchsin Alatas
  10. Nassar KDI
  11. Rizal Jibran
Dari daftar tersebut di atas, ada dua nama penyanyi yang sama sekali penulis tidak tahu apa lagu atau album yang pernah diluncurkan, yaitu Anis Shahab dan Rizal Jibran. Untuk Anis, apakah ia merupakan suadara dari pelantun tembang terkenal, Kopi Dangdut, Fahmi Shahab, saya sendiri kurang tahu. Tapi biasanya nama belakang merupakan nama keturunan/suku/kerabat. Sedangkan untuk Rizal Jibran sendiri, penulis lebih mengenalnya sebagai aktor daripada penyanyi, namun dalam daftar di wiki tersebut, ia juga seorang penyanyi Dangdut, lalu apa lagu yang pernah dilantunkannya?

Camelia Malik merupakan salah satu artis papan atas dan pedangdut senior. Beliau cukup terkenal karena suara beratnya yang begitu khas melalui albumnya bersama grup cadas-dut Tarantulla dan Reynold Panggabean. Lagunya yang populer seperti, Wakuncar, Colak-colek.  Sementara tembang-tembang solonya yang juga pernah hits seperti Rindu Berat, Segudang Rindu, Bulan Berkaca dan sebagainya. Selain sebagai pedangdut, artis yang merupakan adik tiri dari rocker gaek Ahmad Albar ini juga seorang pemeran film dan sinetron. Salah satu film yang paling saya suka adalah Jaka Swara (bersama Rhoma Irama) pada 1990. Keturunan arab yang didapatkan beliau adalah dari garis keturunan Ibu, Elly Yuniara asal Maroko.

Fahmi Shahab, untuk saat ini penulis masih kesulitan untuk mendapatkan biografi ataupun profile dari pedangdut yang pernah sukses di era 90an lewat album singlenya, Kopi Dangdut. Yang jelas, ia merupakan salah satu dari Daftar artis Dangdut yang terkenal karena lagunya.

Fitriya Elvy Sukaesih merupakan anak kandung dari Elvy Sukaesih. Ia merupakan anak pertama Elvy yang pernah ia lantunkan juga melalui sebuah lagunya, Fitriya. Ia merupakan keturunan indo-arab, karena ayahnya Zaiduh Zeith merupakan pria berkebangsaan asli Arab.

Hamdan ATT (Silakan klik nama untuk mengetahui garis keturunan artis pria senior ini).

Husein Bawafie adalah seniman dan sekaligus salah satu tokoh pembaharu musik Melayu atau dangdut Indonesia. Dari karya-karyanya, ia mengubah watak lagu-lagu Melayu Deli menjadi musik Melayu yang lebih dinamis dan struktur lirik dan lagu yang lebih bebas (tidak lagi berpantun). Ia merupakan pemimpin Orkes Melayu Chandralela, yang memunculkan Ellya Khadam dan Elvy Sukaesih.

Untuk informasi yang lain, menyusul.....

Kategori :

info

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting