40 Lagu Dangdut Religi Pilihan

 40 lagu dangdut religi spesial bulan ramadhan

Saya sebenarnya heran, mengapa lagu yang bernilai religi hanya tertuju pada musik pop dan alternatif saja?. Lalu apa sebenarnya standarisasi bahwa sebuah tembang dikatakan mengandung religi? dilihat dari syair atau musiknya?. Bukankah lagu Dangdut juga memiliki begitu banyak nilai-nilai religi jika ditinjau dari kandungan syair atau lirik?. Tapi mengapa mereka tidak pernah sama sekali mengatakan atau menganggap atau bahkan understimate kalau lagu Dangdut itu punya nilai-nilai moral dan akhlak yang terkandung di dalam syair?.

Religi dalam hal ini lebih dimaksudkan mengandung nilai-nilai kebaikan yang sifatnya universal dan tidak hanya ditujukan hanya kepada satu umat (Islam) saja namun semua umat. Oleh karenanya, jangan terlalu understimate terhadap musik ini dengan menganggap selalu identik dengan hal-hal negatif, seperti goyang erotis, syair-syair yang porno dan sebagainya. Masih banyak sisi positif yang ada dalam lagu ataupun musik ini.

Sebuah hal yang lucu dan rancu, ketika sebuah tembang misalnya seperti Keramat, Sedekah, Bismillah, dan sebagainya dianggap bukan termasuk lagu religi lantaran dilantunkan dengan irama koplo dan dipentaskan secara seronok oleh penyanyi tertentu misalnya. Yang tidak religius dalam hal ini adalah si pelantun atau penyanyi itu bukan lagunya. Itupun tidak semua penyanyi berimej negatif.

Untuk membuktikan bahwa musik Dangdut juga memiliki banyak lagu yang bernilai religi, kali ini saya akan sebutkan beberapa daftar lagu Dangdut Religi Pilihan Spesial di bulan Ramadhan berikut ini:

1. Keramat
2. Lapar
3. Kematian
4. Siksa Kubur
5. Bismillah
6. Sedekah
7. Sifana
8. Mirasantika
9. Tangan-tangan Setan
10. Si Kecil
11. Pacar Dunia Akhirat
12. Ibu
13. Tersesat
14. Malapetaka
15. Bencana
16. Kiamat
17. Citra Cinta
18. Ampunilah
19. Akulah Saudaramu
20. Stress
21. Gempa
22. Terserah Kita
23. Indonesia
24. Lima
25. Hari Berbangkit
26. Ghibah
27. Setan Pasti Kalah
28. Sumbangan
29. Perjuangan dan Doa
30. Judi
31. Sahabat
32. Laa Ilaa ha Illa allah
33. Dosa dan Siksa
34. Nafsu Serakah
25. Kabar dan Dosa
26. Afganistan
27. Nilai Sehat
29. Lari Pagi
30. Persaingan
31. Emansipasi Wanita
32. Resesi Dunia
33. Haji
34. Neraka Jahanam
35. Sebujur Bangkai
35. Buah Duri Neraka
36. Renungkanlah
37. Yatim Piatu
38. Bunga-Bunga Ganja
39. Reformasi
40. Keagungan Tuhan
41. Dll

Itulah bukti bahwa musik ini juga punya lagu yang bersyair religius dan mengandung nilai-nilai positif bagi siapapun. Itu saja belum termasuk genre Qasidah/Kasidah yang lebih identik dengan musik Dangdut dibandingkan dengan genre lain. Selain dilihat dari kandungan syair, dalam konserpun bisa digunakan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan, seperti yang dilakukan oleh para kaum Sufi dan juga oleh umat non-Islam lain, seperti pentas Dangdut koplo di gereja dalam acara kebaktian yang dilakukan oleh Jamaat Gereja di Mojokerto, Jawa Timur. So, what your reasons about this genre?. Jadi, bagaimana anda tahu kalau musik ini hanya identik dengan hal negatif saja, sementara telinga anda sama sekali tak pernah tersentuh oleh musik ataupun lagu-lagu Dangdut, dengan alasan kampungan, kurang bergengsi, noraklah dan alasan bodoh lainnya.

Kategori :

info

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting