Daftar Lagu Dangdut Pilihan Terlaris Tahun 2013

Setelah kami menyediakan daftar koleksi lagu Dangdut lawas dan koplo Mp3 lengkap, kali ini kami akan menyajikan daftar lagu Dangdut terlaris pilihan tahun 2013 baik dari hasil daur ulang tembang lawas yang diaransemen Dangdut koplo maupun lagu terbaru dari semua genre musik yang diaransemen ulang menjadi Dangdut dan koplo.

Mp3 Lagu Dangdut Pilihan Terlaris 2013

Sebenarnya pada awal Januari tahun lalu saya membuat topik yang hanya fokus tentang tembang dankdut terbaru 2012 (namun sayang terhapus), kali ini temanya agak sedikit berbeda meskipun judulnya agak mirip. Pada ulasan di tahun 2012, postingan lebih memfokuskan pada sepinya produktifitas untuk karya/ciptaan terbaru. Waktu itu, munculnya karya cipta baru sangatlah minim. Hanya beberapa saja, salah satunya adalah yang dipopulerkan oleh Ayu Ting Ting, Alamat  Palsu yang diluar dugaan sukses mendominasi seluruh pasar musik Indonesia secara umum.

Pasca meledaknya Alamat Palsu tersebut, sepengetahuan saya tidak ada lagi Dangdut karya baru yang fenomenal. Memang tembang seperti Iwak Peyek juga sangat fenomenal dan sukses merebut simpati masyarakat, namun sayangnya banyak kontroversi yang muncul seputar tembang yang awalnya berbahasa Jawa ini. Kami juga kurang begitu tahu apakah Iwak Peyek juga terjual laris manis dalam bentuk vcd/kaset. Kami hanya tahu bahwa lagu tersebut memang sangat laku dan sering di tampilkan baik di layar kaca atau pertunjukkan/pentas di daerah-daerah. Begitu pula dengan lagu yang berjudul Buka Sitik Joss juga membahana di seantero Indonesia. Meski awalnya banyak yang tidak tahu lagu tersebut, berkat aksi Goyang Cesar di salah satu televisi swasta nasional, lagu ini menjadi salah satu pilihan terlaris di masyarakat.

Namun demikian, ada yang patut untuk kita apresiasi dan berbangga di sisi lain, imporisasi (baca:koploisasi) lagu-lagu dari aliran lain seperti Pop atau Band grup, turun drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Koploisasi lagu seperti Aku Bukan Bang Toyib, Kehilangan, Cari Jodoh, misalnya, tidak terlalu dominan di tahun 2013 ini. Hal yang menjadi ukuran tentu saja dari beredarnya vcd bajakan pentas grup-grup Dangdut Koplo Jawa Timur yang tahun ini lebih memilih daur ulang lagu Dangdut original lawas kemudian diaransemen Koplo dari pada mendaur ulang tembang-tembang pop atau band grup menjadi lagu koplo. Ibarat kata seperti genre ini tak punya lagu saja....

Dengan daur ulang lagu lawas tersebut tentunya sangat bagus terutama buat para fans baru/pemula dan bagus pula untuk musik Dangdut itu sendiri, agar tetap eksis dan sebagai upaya untuk melestarikan genre yang merupakan kreasi asli bangsa.

10 lagu Dangdut Pilihan Terlaris 2013 (Lagu Dangdut original dan lawas)

10 lagu Dangdut terlaris ini berasal dari lagu Dangdut lawas yang didaurulang ataupun lagu Dangdut model era 70an-90an.

  1. Secawan Madu (Kristina)
  2. Selalu Rindu (Ine Cyntia)
  3. Dua Kursi (Rita Sugiarto)
  4. Kereta Malam (Elvi Sukaesih dipopulerkan Evie Tamala dengan iringan Dangdut Koplo)
  5. CAKA (Cintai Aku Karena Allah)
  6. Oleh Oleh (Rita Sugiarto)
  7. Ada Rindu (Evie Tamala)
  8. Tersisih (Rita Sugiarto)
  9. Aku Tak Butuh Cinta (Minawati Dewi)
  10. Mendamba (Evie Tamala


15 Lagu Dangdut pilihan Terpopuler 2013 (genre musik lain)


  1. Oplosan
  2. Kesaktianmu
  3. Jangan Bertengkar Lagi
  4. Masa Lalu 2
  5. Satu atau Dua
  6. Minyak Wangi
  7. Buka Sithik Jos
  8. Perawan Kalimantan
  9. Iwak Peyek
  10. Hitam Putih
  11. Bang Jali
  12. 1000 Alasan
  13. Don't Worry
  14. Berondong tua
  15. Mendem Kangen

Itulah beberapa lagu Dangdut terlaris pilihan di 2013. Mungkin bagi pengunjung ada yang mau menambahkan...monggo...

Kategori :

info

10 komentar

masa lalu 1 deviana safara(jatim,sonata,samudera record banyuwangi).

masa lalu 1 (deviana safara,samudera record)buka sithik jos itu judul aslinya buka dikit jos oleh juwita bahar,masa lalu 2(samudera record)

Apakah tahu nama pencipta lagu Buka Sitik Joss itu?

Waduh..ane sendiri kurang begitu tau siapa pencipta asli lagu Dangdut Koplo Buka Sitik Joss itu....tapi yang jelas jawaban atau komentar dari mas Muhammad Ari di atas bisa membantu...

Saya bertanya siapa nama penciptanya karena saya mau kenalan untuk menimba ilmu+mau tahu apakah pencipta lagu itu dapat komisi tiap lagunya dinyanyikan oleh artis dangdut. Kalau dapat komisi, saya juga mau menciptakan lagu buat penyanyi. Jujur saja saya nyari di Google tidak ketemu biodata pencipta lagu tersebut. Terima kasih atas balasan komentar saya. Salam sukses, mas. (Adi)

Jadi begini kalo soal hak cipta lagu dangdut, kalo lagu itu pertama kali dijual sama grup atau penyanyi dangdut, si pencipta sudah ga dapat komisi apa-apa, karena sudah dibeli. Tapi lain halnya kalo berjuang bersama. Misalnya ada lagu yang anda ciptakan terus lagu itu tidak dibeli tapi digarap bersama dipopulerkan bersama, terus ada produser yang nawarin dapur rekaman dan lagu itu diedarkan atas nama ciptaan anda, maka anda dapat komisi dari produser tersebut. Dan jika penyanyinya itu mendapat job, anda juga harus mendapat komisi..Sebagai contoh begini, saya punya teman asal kebumen. Dia adalah pencipta lagu dari lagu dangdut koplo yang berjudul TKW. Dia tidak ditawari produser, tapi dia sendiri yang bermodalkan materi dan tenaga mulai dari mencipta lagu, rekaman di studio dan bikin video klip yang menghabiskan ratusan juta rupiah. Dan setelah dipublikasikan yang juga memakan biaya yang banyak di tivi2 daerah, ternyata kurang begitu menarik masyarakat. tapi justru diambil, atau dibawakan ketika pentas oleh grup dangdut koplo jatim. dan ternyata begitu dipentaskan oleh Monata (sodik), lagu tersebut lebih populer dibandingkan sebelumnya. tapi si pencipta lagu dangdut TKW tersebut tidak menghasilkan apapun dari tenarnya lagu TKW tersebut katanya begitu ketika saya ngiringin dia. Menurutnya, dia cuma mengelus dada, dia yang nanam, orang lain yang panen..itu begitu. Jadi kalo anda punya lagu, menurut saya dijual aja (kalo ga ada modal nekat untuk jadi penyanyi. atau daftarkan aja di lomba cipta lagu dangdut PAMMI, sekarang kan ada. cari aja di google informasinya...terimakasih sudah mau berpartisipasi...salam kenal juga (AYAS)

Kesimpulannya: jadi dapat komisi atau tidak untuk lagu dangdut yang dinyanyikan itu tergantung hak milik dari lagu tersebut. Jadi misal begini anda punya lagu yang dujual hak miliknya seharga 200.000 kepada si A. Karena sudah dijual, maka si A berhak mengklaim bahwa lagu itu adalah ciptaannya..dan ketika populer, maka anda tidak dapat komisi apa2, terlebih jika sudah hitam diatas putih.

Ketika si A sukses, kemungkinan ada setidaknya bonus yang jumlahnya tergantung dari si A. Kalau gagal, atau lagu dangdut koplo yang sudah diklaim hitam di atas putih itu kurang pouler dan sukses, maka itu sudah menjadi nasib dari si A yang kurang beruntung. Sekarang banyak kok mas yang ciptain lagu kemudian dijual...atau paling tidak sering ikut lomba...

itulah sepengetahuan kami...mungkin jika ada pengunjung yang kebetulan pencipta lagu atau pernah menjadi pembeli lagu dangdut baik yang populer dan tidak bisa berbagi di sini...

Membaca penjelasan dari mas Ayas saya jadi sedih karena ternyata menjadi pencipta lagu tidak seberuntung penyanyinya. Cerita mas mengingatkan saya dengan pencipta lagu Iwak Peyek atau Keong Racun di mana penciptanya tetap hidup melarat. Sedih rasanya jika kita menciptakan sesuatu tapi orang yang memakai sesuatu hasil karya kita itu yang beruntung. Namun, ada gambaran yang saya dapatkan bahwa jika ingin menjadi pencipta lagu harus pandai-pandai mengatur siasat agar tidak rugi.

Ya memang begitulah mas, makanya Rhoma Irama membentuk organisasi bernama RAI, agar para pencipta lagu dangdut itu bisa mendapat royalti ketika lagu tersebut dinyanyikan atau dipentaskan secara komersil oleh penyanyi atau EO tersebut yang sifatnya publikasi seperti yang kebanyakan dilakukan di tivi-tivi..namun sayangnya apakah RAI itu berjalan efektif atau tidak dan bagaimana prosedur sebenarnya juga kurang begitu jelas...yah kerugian itu seperti cerita teman saya yang dari kebumen, dia yang menciptakan tapai orang lain yang menyanyikan meskipun job pentas dari si penyanyi itu bukan dalam rangka untuk mempopulerkan lagu tersebut.

lagu ter fenomenal "mendem kangen",coz tertinggi jumlah versi vcd dll

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting