Konser Final DAcademy Babak 4 Besar dan Lagu-lagunya


Konser final DAcademy telah memasuki babak 4 besar. Seperti biasanya setiap kontestan akan menyanyikan beberapa lagu yang akan dinilai oleh dewan juri dan tentunya jutaan pemirsa di Indonesia. Konser D'Academy kali ini terasa lebih spesial karena kehadiran bintang tamu salah satu diva pop Indonesia, Syahrini. Pada kesempatan ini, Syahrini menjadi bintang pembuka acara ini dengan menyanyikan sebuah lagu koleksi Rita Sugiarto, Biarlah Merana dan berduet dengan empunya lagu tersebut.

Sebagai peserta pertama yang tampil di konser final DAcademy Indosiar, Jumat 9 Mei 2014 adalah ATY Selayar. Pada babak 4 besar ini ATY menyanyikan sebuah lagu koleksi lawas Rita yang berjudul Makan Hati. Sayangnya lagu lawas ini hanya dinyanyikan satu putaran saja ( satu reff) saja.

Penilaian Dewan Juri
Menurut Rita, Aty aman menyanyikan lagu tersebut, alias tidak ada yang perlu dikritisi. Sedangkan Inul berpendapat bahwa Aty menyanyikan lagu memang bagus saat digabung dengan koreografi. Oleh karenanya harus perlu konsentrasi yang tinggi sehingga notasinya tetap terjaga, tidak fals. Beniqno sependapat dengan Inul dan juga Rita, karena ternyata Aty bisa berkoreo. Iis Dahlia memberi masukkan agar tidak lagi salah dalam syairnya, andaipun lupa harus bisa sebut kata apapun yang penting jelas dan juga di akhir lagu powernya harus ditambah lagi. Namun Iis menyanjung koreografinya juga, meski sedikit tapi cocok. Sedangkan Saiful Jamil sebagai komentator terakhir juga sangat menyayangkan sedikit lirik yang lupa dan bisa menyebabkan Aty tidak aman untuk lanjut ke babak berikutnya. Namun, Saiful juga menyanjung aura dan penampilan Aty yang semakin oke serta memberikan masukkan untuk tetap berjiwa besar.

Frans Palembang menjadi peserta kedua yang tampil di babak 4 besar. Di babak ini, ia menyanyikan sebuah lagu karya cipta Rudy Anand/Asmin Cayder yang dipopulerkan oleh Mansyur S yaitu Air Mata Perkawinan. Tidak seperti Aty yang hanya menyanyikan lagunya hanya satu putaran (satu reff), Frans membawakan lagu lawas koleksi Mansyur S ini secara utuh (2 putaran).

Penilaian Dewan Juri
Menurut Saiful, Frans bernyanyi dengan banyak kesalahan karena banyak salah lirik. Saiful mengakui kalau Frans memang jago menguasai panggung, tapi harus tetap kontrol. Beniqno berpendapat, meski salah lirik tapi suaranya bagus, menguasai teknik vokal dan sesuai dengan suasana panggung. Sementara Inul berpendapat, meski ada yang salah pada sedikit lirik, tapi tidak menjadi soal karena tertutup oleh kualitas vokal Frans yang bagus, artikulasi, penghayatan, konsep lagu dan juga penampilan yang luar biasa. Iis Dahlia menilai kalau penampilan Frans keren banget dan bisa dikatakan sempurna. Meski syair ada yang salah tapi intonasi dan pengganti katanya sangat jelas. Sementara menurut Rita, penampilan Frans malam ini adalah yang terbaik selama menyanyikan lagu D'cademy dari konser nominasi hingga babak 4 besar ini.

Peserta yang tampil di urutan ketiga pada konser final ini adalah Subro asal Serang, Banten. Kali ini Subro menyanyikan lagu koleksi Rhoma Irama yang berjudul 1001 Macam. Lagu yang dinyanyikan Subro di konser final DAcademy ini juga hanya satu putaran saja, tidak utuh sama seperti Aty. Hal ini lantaran pada lagu aslinya memang satu putaran saja.

Penilaian Dewan Juri
Rita menilai penampilan Subro tidak mengecewakan, suaranya empuk dan menghibur, dan malam hari ini lebih bagus dari konser malam-malam sebelumnya. Menurut Saiful, Subro nyanyi aman dalam hal lirik, tapi ada yang kurang enak dan enjoy tidak seperti biasanya, entah dalam hal apa, karena Saiful kurang jelas apa yang dimaksudkannya. Dan menurut Subro sendiri, konsentrasinya terganggu dan kurang nyaman karena merasa ada yang ganggu waktu ia nyanyi. Menurut Inul, Subro tidak ada kekurangan sama sekali bahkan dari sejak awal, sangat sulit mencari kekurangan Subro terlepas dari gangguan tersebut. Beniqno juga berpendapat ada sesuatu yang kurang lepas karena kurang fokus akibat gangguan dari penonton. Menurut Iis Dahlia, suara Subro sekarang terdengar banyak seraknya.

Sebagai kontestan tunggal terakhir dalam konser babak 4 besar ini adalah Lesti. Lesti menyanyikan lagu koleksi Bang Rhoma Irama yang berjudul Keramat. Ia menyanyikan lagu ini sama seperti Frans yakni 2 putaran penuh. Lagu ini awalnya muncul di era 70an, lalu dirilis ulang sendiri oleh Rhoma & Soneta grup di akhir era 90an.

Penilaian Dewan Juri
Menurut Beniqno, Lesti menyanyikan lagu Keramat ini sangat sukses, tak ada kekurangan satu apapun. Sementara menurut Iis, Lesti kembali seperti semula sebelum 2 minggu kemarin dengan suara yang menggelegar, improve yang bagus dan penjiwaan yang juga sangat luar biasa. Inul tidak memberikan kritik atau penilaian terhadap Lesti soal bernyanyi, ia hanya memberi wejangan pada Lesti untuk tetap berjuang dan terus belajar untuk mendapatkan apa yang ingin diinginkan yaitu kerja keras dan disiplin. Menurut Rita, Lesti sangat keren, dan punya kualitas vokal yang berkualitas. Selain itu juga lebih bagus dari 2 minggu sebelumnya. Sementara menurut Saiful Jamil, Lesti masih setengah hati dalam bernyanyi jadi kurang menyentuh di hati.

Di putaran kedua, keempat finalis menampilkan lagu duet. Lesti featuring Frans dalam menyanyikan lagu lama era 70an koleksi Rhoma Feat Rita yang berjudul Kerinduan, sementara Aty berpasangan dengan Subro dalam melantunkan lagu melayu yang lebih lawas lagi (sekitar era 50-60an) yang dirilis ulang oleh Iis Dahlia pada 1997, Bunga Seroja, ciptaan Mashabie.

Penentuan Aman dan Tidak Aman

Dari ke 4 peserta, Lesti dinyatakan langsung aman lolos ke babak selanjutnya setelah memperoleh polling SMS tertinggi. Sementara ketiga peserta lainnya harus ditentukan lewat tombol oleh dewan juri. Frans mendapat 5 lampu hijau, Aty 5 lampu hijau sedangkan Subro 4 lampu hijau dan 1 lampu merah dari Iis Dahlia. Ini artinya, Aty dan Frans melaju ke babak 3 besar minggu depan, sementara Subro harus tersenggol dan secara tidak langsung menempati posisi 4 terbaik. Sempat terjadi keributan kecil penonton yang hadir di studio setelah pengumuman Subro tersenggol, namun tidak tahu kelanjutannya karena tidak dimunculkan di layar kaca. Hanya dari salah satu host (Rina) memohon kepada pendukung siapapun agar bisa mengendalikan emosi dan tidak berbuat anarkis.

Berikut ini adalah lagu-lagu yang ditampilkan yang bisa sobat download. Untuk Pengguna Laptop, komputer (PC),  ponsel Android, Tablet, Iphones atau Smartphones yang sudah terinstal IDM lebih baik download di sini:

Syahrini Ft Rita - Biarlah Merana
Aty Makassar - Makan Hati
Frans Palembang - Air Mata Perkawinan
Subro Banten - 1001 Macam
Lesti - Keramat
Lesti Ft Frans - Kerinduan
Aty Ft Subro - Bunga Seroja

Untuk pengguna Ponsel Non Android, Blackberry media lain yang belum terinstal IDM:
Syahrini Feat Rita S - Biarlah Merana
Aty - Makan Hati
Frans - Air Mata Perkawinan
Subro - 1001 Macam
Lesti - Keramat
Lesti Ft Frans - Kerinduan
Aty Ft Subro - Bunga Seroja

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting