--::-- Selamat Datang di Blog Dangdut Indonesia --::-- Blognya Pecinta Musik Dangdut Indonesia --::-- Berita, Cerita, Download dan Video --::--

Grup Dangdut Di Jerman Yang Lucu dan Lugu



Grup Dangdut di Jerman
Posting tentang lucunya Grup Dangdut Jerman ini sebenarnya masih terkait dengan tumbuh dan berkembanganya grup dan penyanyi Dangdut di Jepang yang sudah saya bahas beberapa waktu lalu. Namun karena masih ada perbedaan, jadi saya coba bahas di lain halaman.

Salah satu perbedaannya adalah bahwa tumbuh atau munculnya grup Dangdut di Jerman ini tidak sepesat dengan apa yang terjadi di Jepang. Sehingga penulis sendiri sangat sulit untuk mendapatkan data sejarah awal mula tumbuhnya grup Dangdut cowboy ini. Perbedaan kedua adalah saya belum menemukan penyanyi wanita seperti di Jepang. Dan terakhir adalah bahwa sebagian masyarakat lokal di Jerman belum sepenuhnya menerima kehadiran musik kita di sana karena mungkin baru masuk pada tahap perkenalan saja. Masuknya musik yang kita cinta ini rata-rata baru sebatas menghibur warga negara kita yang tinggal di negara tersebut, belum menyentuh ke masyarakat lokal.

Namun, meski hanya baru tahap perkenalan, saya sebagai seniman Dangdut merasa sangat bangga sekali dengan adanya grup di negara yang terkenal juga dengan tekonologinya. Meski juga belum ada organisasi atau komunitas resmi seperti yang sudah terbentuk di Jepang (J-Dangdut-red), namun benih-benih Dangdut sudah tertanam di sana. Salah satu cara perkenalan musik ini di sana adalah dengan menggelar berbagai festival budaya, seperti yang diselenggarakan beberapa tahun lalu oleh para pelajar Indonesia dalam Dangdut Festival Budaya Gottingen Jerman.

Berikut ini adalah link/channel video Youtube grup tersebut yang diunggah oleh Macanmeong55.



Dalam video tersebut, semua tampak seperti grup yang ada Indonesia, baik itu alat musiknya, aransemen atau bahasa dalam lagu tersebut, meski dari segi kostum dan teknik bermain musiknya agak sedikit berbeda. Saya sendiri tersenyum lucu melihat permainan atau pentas grup cowboy ini. Lucu dalam arti mereka tampak lugu dan sedikit kaku baik dalam memainkan alat musiknya atau ketika melantunkan lagunya dalam bahasa Indonesia. Namun demikian saya tetap memberi apresiasi kepada mereka, karena secara tidak langsung mereka juga berjasa mempopulerkan genre ini di negaranya.

Tumbuhnya Grup Dan Penyanyi Dangdut Jepang

Tumbuhnya grup dan penyanyi Dangdut Jepang

Pertumbuhan dan perkembangan kelompok dan penyanyi Dangdut di Jepang merupakan salah satu bukti bahwa musik adalah produk dari masyarakat Indonesia harus go international. Selain itu, juga kabar baik di tengah-tengah banyak orang Indonesia sendiri yang menganggap negatif terhadap musik ini. Karena, ternyata di balik sebagian asumsi mereka, Dangdut justru benar-benar diterima, dan berkembang pesat di Negeri Matahari tersebut.

Sebagian besar masyarakat internasional yang telah menerima pengaruh dari salah satu produk budaya Indonesia, tidak peduli atau bahkan khawatir tentang citra negatif sering menjadi polemik dan kontroversi di Indonesia. Seperti, kontroversi antara Inul vs Rhoma Irama tentang "Goyang Ngebor", penampilan tidak senonoh dari Dewi Persik, Trio Macan, yang beberapa waktu lalu dicekal di beberapa daerah oleh ulama setempat, atau kontroversi goyang erotis lainnya. Jadi kontroversi atau polemik yang sering terjadi di Indonesia, tidak mengurangi kecintaannya pada musik ini.

Komunikasi atau kerja sama budaya antara kedua negara yang berjalan dengan baik juga menjadi salah satu faktor tambahan. Sehingga uang, atau bahan yang diperoleh mungkin tidak menjadi prioritas utama, atau tidak menjadi satu-satunya sumber mata pencaharian serta popularitas. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan tujuan dari pelaku Dangdut di Indonesia sendiri yang tidak sedikit untuk menjadikan musik ini sebagai sumber mata pencaharian dan cara untuk mendapatkan popularitas.

Melihat fenomena tersebut, diterimanya Dangdut di Jepang  merupakan pengaruh yang luar biasa dari para seniman Dangdut yang pernah memperkenalkan musik kita di negara tersebut, seperti Camelia Malik, Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Ikke Nurjanah, Rita Sugiarto dan sebagainya. Meski tidak mudah dan harus perlu perjuangan yang ekstra, ternyata pengaruh tersebut lambat laun membekas di hati masyarakat Jepang. Jadi perjuangan yang dijasakan oleh Camelia Malik, Rhoma atau yang lain tidak hanya sekedar pentas menghibur warga negara Indonesia yang ada di sana saja, tapi juga meninggalkan jejak (pengaruh) dan identitas bagi penduduk lokal asli. Sehingga Dangdutpun diterima, tumbuh dan berkembang pesat di sana.

Sebagai wujud nyata dari musik ini telah berhasil ditanam di tanah matahari terbit adalah dibentuknya sebuah komunitas atau organisasi secara legal (seperti PAMMI) yang disebut J-Dangdut, kependekan dari Jepang Dangdut. Organisasi ini konon katanya sejajar dengan organisasi lain di bawah pemerintahan Jepang, seperti J-Rock, J-Pop, J-League (Liga Sepakbola), dan sebagainya.

Di bawah komunitas atau organisasi tersebut, ada beberapa grup yang telah lama terbentuk, seperti OM. RANEMA (beberapa sumber mengatakan dulu dikenal sebagai OM Exist.), OM Hatikumi 93, Drunk Girlz, Temasindo, OM. Touhu, Dll. Di antara grup tersebut yang paling terkenal adalah OM. Hatikumi yang dibentuk pada sekitar tahun 1993.

Sebagai bonus, akan saya persembahkan penampilan grup Dangdut di Jepang yang saya dapatkan di Youtube. Dalam video youtube ini, sebuah grup (maaf tidak diketahui nama grupnya) sedang mementaskan lagu Dangdut Koplo Asli yang berjudul Goyang Dombret. Meskipun banyak falsnya, tapi kita sebagai bangsa dan sekaligus pecinta musik ini tetap memberikan apresiasi pada grup dan penyanyi ini. Bukan pada hasil penampilan (bagus atau tidak), tapi karena mereka telah menerima musik hasil karya seniman bangsa kita.

Dengarkan atau Download Lagu Dangdut Inspiratif ini

Lagu Dangdut Inspiratif lebih bermakna positif dalam kehidupan

Sebuah lagu (apapun itu genrenya) tentunya tak lepas dari syair atau lirik yang didalamnya mengandung nilai-nilai yang berbeda-beda. Ada yang lagunya hanya bersifat hiburan saja dan ada juga lagu Dangdut inspiratif yang didalam syairnya mengandung pesan moral dan nilai-nilai seni, kemanusiaan, sosial, religi dan sebagainya. Untuk kali ini saya hanya akan membahas pada poin kedua, dan untuk lebih singkatnya akan saya bagi menjadi dua kategori.

1. Lagu Dangdut Inspiratif - Religi

Banyak sekali lagu-lagu Dangdut religi yang tentunya inspiratif bagi kehidupan kita. Contoh lagu Dangdut inspiratif yang bisa sobat dengarkan dan download yang mana memiliki kandungan syair yang bernilai religi dan bermanfaat bagi kehidupan kita adalah :
  1. Keramat -- menginspirasi manusia untuk menghormati dan menyanyi ibu kita
  2. Lidah -- menginspirasi kita untuk menjaga pembicaraan yang menyinggung orang lain
  3. Takwa -- menginspirasi manusia untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan
  4. Kematian -- menginspirasi manusia untuk selalu mempersiapkan diri menghadapi kematian
  5. Sedekah -- menginpirasi kita untuk selalu memberikan sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan
  6. Si Kecil -- menginspirasi orang tua untuk selalu sayang anaknya
  7. Sebujur Bangkai -- menginspirasi kita untuk tidak gila harta dan dunia
  8. Kiamat -- menginspirasi kita untuk semakin menambah iman
  9. Hari Berbangkit -- menginspirasi kita untuk beramal sesuai ajaran agama
  10. Haram -- menginspirasi untuk berbuat dan mencari rezeki yang halal
  11. Setetes Air Hina -- menginspirasi kita bahwa setiap manusia asalnya sama
  12. Ampunilah -- menginspirasi kita untuk selalu bertaubat dan mohon ampunan pada Tuhan
  13. Siksa Kubur -- menginspirasi kita untuk berbuat baik terhadap sesama dan kepada Tuhan
  14. Munafik dan sebagainya -- menginspirasi kita untuk menghindari sifat nifaq
  15. Asma'ul Husna - sebuah lagu Evi Tamla tanpa ada satu katapun yang berbahasa Indonesia ini memberi inspirasi umat Islam khususnya untuk mengingat kebesaran Allah SWT yang memiliki 99 nama-nama yang baik.

Lagu-lagu tersebut di atas semua ada dalilnya. Baik itu dari hadits ataupun al-Quran. Namun saya tidak akan membahas lebih jauh di sini, karena tentu saja saya tidak terlalu berkompeten untuk hal tersebut. Saya di sini hanya sekedar berbagi pengetahuan saja terutama lagu yang berkaitan dengan tema agama (Islam). Dan  meskipun demikian lagu-lagu tersebut bersumber dari Islam, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sangat bersifat universal. Sebagai contoh lagu Keramat. Meski Rhoma menciptakan lagu ini berdasarkan sumber ajaran Islam, namun teman saya yang beragama lain (maaf tidak saya sebutkan) bisa mengambil pelajaran dari syair yang terkandung di dalamnya. Kata teman saya, syair yang begitu luar biasa dan menjadi inspirasi untuk merubah segala perilakunya terhadap orang tua terutama ibunya adalah " Doa ibumu dikabulkan Tuhan, dan kutukannya jadi kenyataan"..."Bila kau sayang pada kekasih, lebih sayanglah pada ibumu, bila kau patuh pada rajamu, lebih patuhlah pada Ibumu"..."Bukannya gunung tempat kau meminta, bukan lautan tempat kau memuja, bukan pula dukun tempat kau berhiba, bukan kuburan tempat memohon doa, tiada keramat yang ampuh di dunia selain dari doa ibumu jua.."

Singkat cerita dari teman saya tersebut. Dia adalah seorang karyawan di sebuah PT. di Semarang. Dia tidak pernah berpamitan kepada ibunya dengan alasan takut terlambat ke kantornya, terlebih kalau pagi ibunya selalu pergi jualan yang sebenarnya tidak jauh dari rumahnya. Begitupun ketika pulang, ia langsung mandi dan pergi tidur. Malamnya bangun hanya untuk nonton sepakbola.

Dia begitu disayang oleh atasannya, sehingga apapun dilakukan untuk atasannya, termasuk datang tepat waktu. Namun, beberapa tahun dia bekerja di PT tersebut, dia seperti tidak pernah menghasilkan apa-apa dari uang yang ia dapatkan (gaji-red), meskipun ia sudah berusaha menabungnya. Bahkan ada saja musibah kecil yang selalu menimpanya, misalnya motornya rusak, handphone hilang, kecopetan dan sebagainya.

Suatu hari, ketika jam istirahat makan siang, ia keluar bersama seorang rekannya untuk mencari warung makan. Ketika ia makan, ia mendengarkan lagu Keramat yang diputar oleh si pemilik warung. Tiba-tiba setelah selesai lagu tersebut, ia langsung keluar dari warung itu kembali menuju kantornya sambil menangis. Di ruangannya ia masih menangis dan membuat heran teman sekantor lainnya. Ketika ditanya sama teman-teman dia hanya menjawab tidak ada apa-apa. Akan tetapi dalam hatinya ia mengakui bahwa apa yang selalu ia perbuat terhadap ibunya selama ini adalah salah. Meski ia tidak pernah melawan baik dalam arti fisik atau saat berbicara, tapi ia merasa tak menghormati ibu dan menghargainya. Semenjak itu, ia berubah. Setiap pagi ia selalu menghampiri ibu di warung tempat berjualannya terlebih dahulu untuk berpamitan, begitu juga ketika ia pulang. Ia pun merasakan manfaatnya. Salah satunya ia naik jabatan. Dan sejak saat itulah ia menjadi penggemar lagu-lagunya Rhoma Irama meskipun tetap dalam keyakinannya.

2. Lagu Dangdut Inspiratif Non Religi

Contoh lagu inspiratif non religi yang bisa sobat dengarkan atau download misalnya :
  1. Indonesia -- menginspirasi para pejabat untuk berhenti korupsi
  2. Tak Tega -- menginspirasi para suami untuk sayang sama istri
  3. Generasi Muda -- menginspirasi pemuda untuk giat bekerja sesuai kemampuan
  4. Kawula Muda -- menginspirasi pemuda untuk untuk tidak jadi pemalas
  5. Pemilu -- menginspirasi pemerintah untuk jujur dan adil dalam pemilu
  6. Resesi Dunia -- Menginspirasi setiap orang untuk tidak melulu memikirkan duniawi
  7. Prahara -- menginspirasi negara untuk menghentikan peperangan
  8. STOP -- menginspirasi masyarakat untuk hidup rukun dan tidak bermusuhan
  9. Buatmu Afghanistan -- menginspirasi negara untuk saling membantu negara lain
  10. Kemarau -- menginspirasi kita untuk mencintai lingkungan
  11. Air Mata dan Mata Air - menginspirasi kita untuk mencintai lingkungan
  12. Badai Fitnah --menginsipirasi kita untuk menghilangkan fitnah
  13. Lari Pagi -- menginspirasi kita untuk berolahraga
  14. Nilai Sehat, dan sebagainya - - menginspirasi kita untuk menjaga kesehatan


Dari beberapa judul yang saya sebutkan diatas coba sobat cari lalu dengarkan sebuah tembang yang berjudul Indonesia - (Rhoma Irama atau Album Soneta Vol. 12) yang diluncurkan sekitar tahun 1982/1983.  Lagu ini sebenarnya bertemakan kritikan atau protes kepada pemerintah Soeharto waktu itu. Ketika wacana korupsi masih 'sepi' dari pendengaran dan pengetahuan masyarakat luas waktu itu tidak seperti sekarang ini, Rhoma sudah 'mencium' adanya korupsi yang ada dalam birokrasi pada masa pemerintahan Orde Baru. Oleh karena itu, Rhoma melalui lagu tersebut meminta agar supaya Korupsi segera dihapuskan agar tidak ada lagi batasan antara miskin dan kaya. Syairnya seperti ini " Hapuskan korupsi di segala birokrasi demi terciptanya kemakmuran yang merata" agar tidak ada " Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin". Sayangnya, karena demokrasi waktu itu masih "terpasung", lagu tersebut pun dicekal dan dilarang beredar. Rhoma tidak boleh lagi tampil di TVRI, yang waktu itu merupakan satu-satunya stasiun televisi milik pemerintah.

Semoga dengan mendengarkan lagu Dangdut inspiratif seperti tersebut di atas, bisa menjadi salah satu cara atau jalan menambah inspirasi atau pengetahuan baru dalam kehidupan kita terutama untuk hal-hal yang bersifat positif. Tentunya jika kita bisa benar-benar mendalami, menghayati dan mengamalkan pesan moral yang terkandung dalam contoh tembang di atas. Sehingga baik yang menciptakan, menyanyikan dan yang mendengarkan mendapat hal yang lebih bermakna dalam hidup kita, tidak sekedar untuk goyang saja.

Koleksi Lengkap Lagu Evie Tamala Sebagai Pengantar Tidur

Koleksi Lagu Dangdut Evie Tamala untuk pengantar tidur

Meski secara penelitan musik klasik adalah yang paling cocok dan paling bagus saat didengarkan ketika kita akan tidur karena terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak, namun Koleksi lagu Evie Tamala juga tidak kalah kualitas jika dijadikan sebagai lagu pengantar tidur di malam hari (bukan tidur siang). Oleh karenanya saya dengan senang hati berbagi link download mp3 Dangdut khusus untuk lagu-lagu Evie, agar sobat-sobat bisa membuktikan sendiri pendapat saya.

Namun demikian, tidak semua koleksi lagu Evie Tamala dalam setiap album cocok digunakan sebagai pengantar tidur di malam hari. Hanya pada album tertentu saja seperti Selamat Malam, Suara Hati, dan Kasmaran. Pada album Selamat Malam misalnya, saya menilai Sebuah Janji, Dia Adalah Dia, Kelam dan Selamat Ulang Tahun sangat pas untuk teman tidur. Sementara di Album Suara Hati, hampir semua cocok. Karena pada album tersebut, aransemen musik yang dibuat oleh Alik Ababil begitu lembut, melo, romantis dan penuh dengan sentuhan warna musik dari genre lain seperti blues, klasik, dan swing ditambah lagi dengan kelembutan dari karakter vokal Evie sendiri yang sangat cocok dengan aransemen musik  itu sendiri.

Berikut ini adalah daftar koleksi lengkap lagu Evie Tamala yang bisa sangat cocok didengarkan sebagai pengantar tidur:
  1. Malam Ini
  2. Suara Hati
  3. Dia Adalah Dia
  4. Selamat Ulang Tahun
  5. Renungku
  6. Permata Hati
  7. Seribu Purnama
  8. Kelam
  9. Salam Mesra
  10. Ikhlas
  11. Apa Lagi Yang Kau Cari
  12. Masih Adakah Waktu
  13. Ku Ingin
  14. Sebuah Janji
  15. Sebuah Harapan
Dari ke 15 lagu Evie Tamala tersebut, yang paling sering saya gunakan sebagai pengantar tidur adalah 1000 Purnama yang ada dalam album Suara Hati, dan Kelam yang ada di album Selamat Malam. Saya sendiri tidak tahu mengapa kedua lagu tersebut sangat cocok dan begitu menyentuh perasaan yang bisa membuat pikiran menjadi tenang. Yang jelas kedua lagu tersebut begitu sangat lembut baik dari sisi suara atau vokal penyanyinya ataupun dari sisi aransemennya. Syairnya juga begitu puitis, seolah 'memaksa' otak kita terhipnotis olehnya. Meski lagu ini berkategori Dangdut lantaran faktor penyanyi itu sendiri (Evie Tamala), namun jika dilihat dari aransemen musiknya tidak 100% Dangdut pure, ada nuansa klasik dan swing dengan notasi yang begitu beraneka ragam. Kalau bahasa saya menyebutnya, banyak "kunci miring" yang ada dalam lagu tersebut, di mana hal tersebut jarang dijumpai pada lagu Dangdut pure.

Itulah beberapa rangkuman lagu dari semua album koleksi Evie Tamala yang menurut saya tidak kalah kualitasnya dengan musik klasik sebagai pengantar istirhat tidur di malam hari. Meski ini adalah pendapat pribadi saya, tapi banyak juga teman-teman saya yang berprofesi sebagai pemusik yang berpendapat sama dengan saya terutama pada tembang-tembang yang aransemen musiknya digarap oleh Alik Ababil, seperti pada ketiga album tersebut. Selain pandai mengolah dan mencampurnya dengan warna musik lain, Alik Ababil juga menambahkan instrument lain seperti biola dan saxophone dalam aransemennya, terutama pada album Suara Hati dan Kasmaran.

Jika sobat tertarik untuk mendengarkannya, silahkan download lagunya dengan klik judul berdasarkan daftar yang sudah saya tulis di atas :


Dan jika ingin download semua lagunya (160), Silakan klik Koleksi Evi Tamala komplit.

Itulah yang bisa saya share kali ini, semoga bagi sobat yang susah tidur, dengan mendengarkan koleksi lengkap lagu Evie Tamala, bisa lebih mudah untuk beristirahat.

Daftar Lagu Dangdut Sama Tapi Berbeda

rhoma dan imam s arifin nyanyikan lagu sama tapi beda musik


Mungkin bagi fans Dangduter baru belum tahu kalau banyak lagu-lagu Dangdut yang sama tapi berbeda baik itu judul lagu, syair, aransemen atau penyanyi itu sendiri. Untuk lebih jelasnya akan saya coba beri keterangan berdasar kategori dan contoh lagunya

1. Judul, Syair, Penyanyi Lagu Sama><Aransemen Berbeda

Ini berarti ada beberapa lagu Dangdut yang memiliki judul lagu, syair dan penyanyi yang sama, tapi aransemen musiknya berbeda. Contoh tembang berdasarkan poin pertama ini seperti Malam Terakhir yang dinyanyikan oleh Rhoma Irama & Rita Sugiarto dan Malam Terakhir yang dilantunkan oleh Nada Soraya& Nadi Barakah. Terlihat sekali perbedaan aransemennya yang lebih modern dan nge-beats. Salah satu aransemen yang mencolok pada lagu ini adalah intro. Saat dinyanyikan oleh Rhoma & Rita intro musik itu hanya terdengar suara blok string yang kemudian langsung masuk vokal...." malam ini..malam terakhir bagi kita..." kemudian diteruskan dengan iringan sub-intro (pra bait pertama) beralunan Dangdut lambat. Sementara pada saat dinyanyikan oleh Nada & Nadi, intro musik diawali dengan petikan gitar lalu vokal dan dilanjutkan dengan beats bergaya rock dengan dominasi drum dan gitar. Hal ini berlaku juga untuk lagu Rhoma Irama yang lain seperti Ani yang dilantunkan oleh Rhoma dan Imam S. Arifin.

2. Judul Lagu Sama><Syair, Penyanyi dan Aransemen berbeda

Mungkin ini tidak perlu saya jelaskan lagi, karena memang banyak juga lagu Dangdut yang memiliki judul sama, tapi syair aransemen atau isi lagu tersebut sama sekali berbeda. Sebagai contoh Mengapa. Saya yakin lagu ini banyak penggemar yang sebelumnya tidak tahu kecuali bagi sobat yang benar-benar fans berat Rhoma dan Soneta. Bahkan sebagian dari teman-teman musisi sayapun tidak ada yang tahu tembang tersebut sebelum ditenarkan oleh Inul Daratista sekitar 2002. Sekedar info saja, tembang ini adalah ciptaan bang haji yang dinyanyikan oleh Ida Royani pada sekitar era 70an. Kemudian muncul tembang yang judulnya sama Mengapa tapi merupakan duet antara Rita Sugiarto & Jacky Zima yang diluncurkan pada sekitar tahun 80an. Kedua tembang ini baik dari segi judul, syair atau aransemen sama sekali berbeda. Sehingga terkadang untuk membedakan saat pentas, ditambahkanlah angka satu dan dua (Mengapa 1 dan Mengapa 2). Hal yang sama juga berlaku pada lagu Pertemuan (singel Rita Sugiarto) dan Pertemuan duet Noer Halimah & Rhoma, juga Pertemuan yang dinyanyikan oleh bang haji sendiri. Dan lain sebagainya.

3. Judul dan Syairnya Sama><Penyanyi & Aransemen Berbeda.

Mungkin banyak pengunjung blog yang tahu dengan lagu yang berjudul Jatuh Bangun bukan?. Tapi perlu pengunjung ketahui bahwa tembang tersebut sebenarnya kali pertama dinyanyikan oleh Meggy Z dengan tajuk Takut Sengsara. Keduanya memiliki syair yang sama tapi judul dan garapan musiknya berbeda. Begitu juga Tidak Semua Laki-Laki yang dilantunkan oleh Basofie Sudirman dan Leo Waldy

4. Aransemen & Penyanyi Sama><Judul dan Syair Berbeda.

Coba sobat dengarkan lagu dari bang haji yang berjudul Hatimu Hatiku dan juga Deritamu Deritaku, kedua tembang ini dinyanyikan oleh penyanyi yang sama (Rhoma dan Riza Umami), meskipun judul dan syairnya berbeda dan aransemen musik, beat dan iramanya hampir sama 99 persen di antara keduanya.

5. Aransemen dan Syairnya Sama><Judul & Penyanyi Beda.

Agar tidak bingung, silakan sobat cari tembang yang berjudul Hanya Kamu yang dinyanyikan oleh Santi Sartika dan Cuma Kamu yang dilagukan oleh Mega Mustika. Kedua tembang ini benar-benar memiliki aransemen dan syair yang sama 100%.

6. Judul, Syair, Aransemen Sama><Penyanyi Berbeda.

Pernah sobat mendengarkan lagu Sisa-Sisa Cinta. Itu lho..lagu yang awal syairnya.."Bila..kumenatapmu..". Nah lagu ini pertama kali dilantunkan oleh Ona Sutera, tapi kemudian diluncurkan ulang oleh Santi Sartika dengan garapan musik, judul, dan syair yang berbeda dengan apa yang dinyanyikan oleh Ona Sutera. Begitu pula tembang Berakhir Pula Meggy Z dan milik Kristina.

7. Judul, Syair, Penyanyi Sama><Aransemen Berbeda.

Ini mungkin kategori atau rincian terakhir dari beberapa Daftar lagu Dangdut sama tapi Berbeda. Ine Syntia pernah menyanyikan lagu yang berjudul 5 Menit Lagi yang aransemen berbeda meskipun judul, syair dan penyanyi masih sama. Begitu juga Lilin-lilin Putih, Luka di Atas Luka yang dilantunkan oleh Evie Tamala


Bila diringkas, atau dipersingkat, maka berikut ini adalah daftar lagu Dangdut Sama Tapi Berbeda berdasarkan ke 8 kategori tersebut
  1. Malam Terakhir versi Rhoma Irama - Rita Sugiarto - Malam Terakhir Versi Nada Soraya dan Nadi Baraka
  2. Jatuh Bangun versi Kristina - Takut Sengsara versi Meggy Z
  3. Lima Menit Lagi versi Ine Cintya - Lima Menit Lagi versi Ine Cintya
  4. Pertengkaran  versi Evie Tamala - Pertengkaran versi Yunita Ababiel
  5. Lukaku versi Rita Sugiarto - Lukaku Versi Evie Tamala
  6. Tidak Semua Laki-Laki Versi Basofi Sudirman - Tidak Semua Laki-Laki versi Leo Waldy
  7. Janji Versi Rita Sugiarto - Janji Versi Evie Tamala
  8. Potret Tua Versi Evie Tamala - Potret Tua Versi Yunita Ababiel
  9. Ani Versi Rhoma Irama - Ani Versi Imam S. Arifin
  10. Bukan Jodohku Versi Ida Laila - Bukan Jodohku Versi Ikke Nurjanah
  11. Pertemuan (Rita) - Pertemuan (duet Rhoma & Noerhalimah) - Pertemuan (single Rhoma)
  12. Fatamorgana (Rita S) - Fatamorgana (Rhoma I)
  13. Cuma Kamu (Roma & Ritaa) - Imam S Arifin & Nana Mardiana
  14. Mengunggu (Ridho R) - Menunggu (Duet Oma & RitaS)
  15. Mengapa (Ida Royani) - Mengapa (Rita & Jacky Zimah) - Mengapa (Koes Plus Dangdut)
  16. Hatimu Hatiku (Riza Umami Feat Bang Haji) - Deritamu Deritaku (sama)
  17. Lilin Putih, Luka Di Atas Luka, (Evie Tamala), Lima Menit (Ine Syntia) - Kategori 7
  18. Berakhir Pula (Meggy Z) - Berakhir Pula (Kristina)
  19. Hanya Kamu (Santi Sartika) - Cuma Kamu (Mega Mustika ) 
  20. Lukaku (Rita) - Lukaku (Evie)
  21. Surat Cerai (Elvy) - Surat Cerai (Evie)
  22. Dan sebagainya.....Untuk latihan kecerdasan otak sobat (terutama fans baru, silakan cari tembang yang sama (entah itu dari judul, syair, penyanyi atau aransemen/irama musiknya).....
Sebagai bonusnya, silakan dengarkan tembang berikut ini berdasarkan kategori di atas


Imam S. Arifin - Ani<---------------> Rhoma Irama - Ani

Cara Download Mp3 Dangdut Gratis Via 4shared.com

Tips dan cara download lagu di blog Dangdut via 4shared
 
Beberapa waktu lalu saya sudah posting koleksi download lagu Mp3 Dangdut lengkap yang saya himpun menjadi satu dalam akun 4shared agar lebih praktis tampilannya. Akan tetapi mungkin banyak atau sebagian pengunjung blog ini yang belum tahu bagaimana cara download mp3 lagu Dangdut via akun 4shared tersebut. Untuk itu perhatikan dan ikutilah petunjuknya di bawah ini berdasarkan screnshoot gambar screenshoot di atas [klik untuk membesarkan].

Inilah cara download mp3 lagu Dangdut di blog ini via akun 4shared:

[1.] Menuju ke akun blog Dangdut di 4shared.com

Untuk melihat daftar1600 lagu yang sudah saya kumpulkan di 4shared silakan sobat klik tautan/link ini ==>> http://www.4shared.com/folder/J9qaIq8g/_online.html (mohon maaf karena akun 4shared sudah dibajak, jadi isi tidak bisa dilihat)

[2.] Lihat Daftar Lagu Berdasarkan Nama Penyanyi 

Setelah klik tautan tersebut, nanti sobat akan menuju ke halaman 4shared dan diperlihatkan daftar lagu sesuai abjad penyanyinya. Sebagai contoh nama penyanyi yang berawalan huruf A, Abiem Ngesti - Gempa.mp3, untuk huruf R misalnya, Rhoma Irama - Gelandangan.mp3. Untuk itu sobat musti hafal terlebih dahulu penyanyi dari tembang tersebut.

[3.] Pilihlah lagu Dangdut Yang Akan Didownload

Jika sobat bisa melihat daftar tampilan seperti gambar, maka untuk mendownload lagu yang sobat cari, silakan cari nama penyanyinya terlebih dahulu seperti sudah dijelaskan pada poin 2, sesuai huruf abjad dan kemudian klik tembang yang akan didownload mulai dari halaman 1-10 (lihat screenshot gambar di atas) atau yang ada di dalam folder (bagian atas). Jika ternyata sobat lupa siapa penyanyinya silakan mencari info terlebih dulu di google.

[4.] Dengarkan Lagunya Lalu Download

Untuk memastikan bahwa lagu Dangdut yang akan sobat download itu benar, sobat bisa mengeceknya terlebih dulu dengan mendengarkan lagu tersebut yang secara live disediakan oleh 4shared. Setelah semuanya benar dan sesuai dengan apa yang sobat cari, silakan klik download atau unduh. Hal ini biasanya terjadi untuk lagu dengan judul yang sama tapi syair ataupun aransemennya berbeda.

Info tambahan..

Bagi sobat yang sudah punya akun, maka tak perlu menunggu 20 detik. Tapi bagi yang belum, maka sobat harus menunggu terlebih dulu selama 20 detik.

Bagi sobat yang ingin bergabung dengan akun 4shared di mana banyak kemudahan dan fasilitas (seperti untuk menyimpan file apapun termasuk lagu, foto, video dan lainnya) yang diberikan kepada pengguna (user), silakan klik di sini.

Demikianlah tips atau cara download lagu Dangdut dalam format mp3 yang terkumpul dalam satu akun 4shared. Jika kurang jelas, silakan tanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan Terimakasih

Koleksi Download Lagu Dangdut Mp3 Lengkap

Download lagu dangdut mp3 baik lawas/klasik/original atau dangdut koplo terbaru
Download koleksi lagu Dangdut Mp3 yang saya sajikan di blog ini adalah gratis dan juga lengkap, baik lagu lawas atau koplo terbaru, dengan total sekitar 1600 files lagu. Saya dengan sengaja persembahkan koleksi ini tidak lain hanya untuk melestarikan dan memperkenalkan kepada generasi muda penggemar baru yang saya yakin masih banyak diantara mereka yang belum tahu seputar lagu-lagu jadul terutama penyanyi asli dan penciptanya.

Untuk kumpulan lagu dangdut lawas original saya ambil dari bebeberapa artis yang sudah populer dan terkenal seperti Rhoma Irama, Rita Sugiarto, Elvy Sukaesih, Evie Tamala, Mansyur S, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Meggy Z, Camelia Malik, Noer Halimah, Ayu Soraya, Riza Umami, Mirnawati, Mega Mustika, Titik Nur, Venty Nur, Kristina, Nini Karlina, Cici Paramida, Lilis Karlina, Johnny Iskandar, Itje Trisnawati, Muchsin Alatas, Ona Sutra, Asep Irama, Yunita Ababil, Anies Fitria, Imam S. Arifin, Yus Yunus, Yulia Citra, Hamdan ATT, Caca Handika, Ine Cintya, Alam, Vetty Vera, Jaja Miharja, Abiem Ngesti.

Sementara untuk lagu-lagu koplo saya ambil dari koleksi artis-artis pendatang baru terutama setalah munculnya genre ini, seperti Inul Daratista, Via Vallen, Dewi Persik, Lilin Herlina, Fitri Karlina, Ayu Ting Ting, , Melinda, Sazkia Gotik, Siti Badriah, Dewi Persik, Uut Permatasari, Moneta Surabaya, OM. Monata, OM. Pallapa, OM. Sera, OM. Sagita, dan lain-lain.

Adapun secara lengkap, koleksi ini terbagi dalam beberapa bagian yaitu:

1. Lagu-lagu Dankdut Lawas/Lama, Original - non Koplo

  • Era/dekade 70an (1970-1980)

    Daftar lagu Dangdhut yang populer/terkenal pada era 70an ini seperti Gelandangan, Begadang, Lukaku, Pria Idaman, Terajana, Bimbang, Pandangan Pertama, Kopi Susu, Anak Haram, Ratapan Anak Tiri, dan sebagainya.
  • Era/dekade 80an (1980-1990)

    Beberapa contoh tembang hits pada era 80an ini, seperti Pasrah, Jacky, Mandi Madu, Termiskin Di Dunia, Kopi Dang.dut, Bukan Yang Pertama, Gubuk Derita, Hitam Bukan Putih, Cinta Sabun Mandi, Sakit Gigi, Duh Engkang, Ojo Lali,  Tang Ting Tong Der, Jeritan Hati, Gubug Bambu, Tamu Tak Diundang
  • Era/dekade 90an (1990-2000)

    Contoh lagu yang terkenal dan populer pada era 90an, seperti, Aku Bukan Pengemis Cinta, Dokter Cinta, RT 05 RW 03, Dana Asmara, Terbayang-bayang, Bujangan, Bekas Pacar, Jandaku, Pangeran Dangdoet, Terbayang-Bayang, Sapu Tangan Merah, Gadis Malaysia, Undangan Palsu, Kembalikanlah Dia, Rembulan Malam, Cinta Bukanlah Kapal, Mandi Kembang, Kecewa, Pacar Dunia Akhirat, Selamat Malam, Kandas, Tanda Kasih, Suara Hati, Siapa Kau, 1001 Hari, Aku Rindu Padamu, Terlena, Jatuh, Gula-gula, Galau, Bulan Separuh, Bangun dan lain-lain
  • Era/dekade 2000an sampai lahir Koplo

    Contoh lagu yang pernah populer di era 2000an sampai sekarang, seperti Trauma, Cindai, Biarlah Merana, Asmara, Mbah Dukun, Duit, Janda, Gembala Cinta, Sharmila, Ku Ingin, Bang Toyib, Goyang Dombret, Bang Mandor, Putri Panggung, Laksmana Raja Di Laut, 1001 Hari, SMS, Keong Racun, Cinta Satu Malam, Alamat Palsu, Iwak Peyek, Buka Dikit Jos, dan lainnya

2. Lagu-Lagu Koplo


Untuk koleksi Koplo ini saya ambil dari koleksi pentas atau rekaman studio, baik yang saya dapatkan dari vcd atau melalui youtube dari grup koplo jawa timur terkenal seperti New Pallapa, OM.Sera, Monata, Sagita, Sonata, New Cobra dan lainnya. Dan secara garis besarnya, akan terbagi dalam beberapa kategori yaitu:
  • (Daur Ulang) Lagu Dangduut Lawas Original Yang Dimodifikasi (Genre Koplo)

    Banyak sekali lagu daur ulang lawas atau original, yang terkenal lagi atau setidaknya menjadi dikenal setelah digarap koplo, seperti Mengapa, Nasib Bunga, Menunggu, Pertemuan, Mencari Mangsa, Malam Terakhir, Lukaku, Terlambat, Bunga Nusa Indah, Bimbang, Keranda Cinta, Sebening Embun, Mengapa (duet), Mandul, Kandungan, Pertemuan, hingga Kereta Malam dan Buka Dikit Joss
  • Pop/Band Remix/House Koplo

    Contoh lagu-lagu yang nuansanya Dangdhut tapi aransemen musik dan beat berasal dari genre pop/band, remix, house atau disco, seperti Goyang Dombret, Cinta Satu Malam, Aku Bukan Bang Toyib, Keong Racun, SMS, Minyak Wangi.
  • Campursari Koplo

    Kategori campursari yang saya maksud adalah segala tembang yang syairnya menggunakan bahasa Jawa, Seperti Stasiun Balapan, Sewu Kuto, Ngamen 1-Ngamen Terakhir, Mendem Kangen, Wedi Karo Bojomu, Jambu Alas, Denpasar-Arjosari, Blebes, Jaluk Pegat, Ngidam Penthol,  hingga yang sedang hits saat ini Oplosan.
Untuk mendownload satu persatu atau seluruh koleksi seperti yang sudah dijelaskan di atas, silakan klik nama penyanyi yang ada di widget 4shared di bawah ini:

"Mohon Maaf karena suatu dan lain hal, widget 4shared yang berisi koleksi lagu tidak bisa ditampilkan karena akunnya dibajak". Namun, sobat tetap bisa mengunduhnya di (tautan) laman lain blog ini (laman khusus...dst) yang ada di bagian bawah posting ini".

Petunjuk Penting !

Untuk melihat atau mendownload lagu, silakan klik folder sesuai nama penyanyi, nanti akan ditampilkan semua koleksi penyanyi tersebut, dan untuk melihat semua folder penyanyi dari abjad A-Z, silakan klik tulisan file yang lainnya pada widget 4shared tersebut. Nanti sobat akan menuju tab/laman baru yang akan memperlihatkan semua nama folder penyanyi. Hal ini karena keterbatasan di laman ini dan juga akan membuat loading berat jika semuanya ditampilkan di sini. Misal, dalam daftar di atas sobat tentu tidak menjumpai nama Rhoma atau Rita, karena memang Fitri Karlina menjadi yang terakhir di laman 1 dalam widget. Nah, untuk mencari penyanyi yang berawalan huruf G, H, I, J, K, sampai Z, sobat klik tulisan file yang lainnya.

Atau jika sobat merasa ribet, tidak praktis dan atau mungkin sobat diharuskan mendaftar ke akun terlebih dahulu dan juga musti menunggu 20 detik, silakan langsung saja menuju ke laman khusus download mp3 yang lebih praktis, tanpa harus mendaftar dan tidak menunggu 20 detik  >>>> Free Download Mp3 Dang-dut . Sobat bisa sekaligus download sebanyak 1600 koleksi lagu tanpa menunggu dan tanpa harus punya akun terlebih dulu.

Itulah yang bisa saya share kali ini. Semoga koleksi lagu Dangdut mp3 lengkap yang terdiri dari lagu klasik dan koplo dalam bentuk widget download di 4shared (bukan direct link) ini bermanfaat bagi kelestarian lagu-lagu Dangdhut (terutama lagu lawas) yang semakin lama semakin tenggelam oleh sengitnya persaingan dengan genre lain. Eittssss...Jangan buru-buru close[x], mampir dulu di halaman lain untuk dengarkan lagu secara langsung. Sobat juga bisa request lagu secara langsung di halaman yang nanti saya tulis di bawah ini. Silakan pilih dua link berikut ini sesuai selera musik yang akan sobat dengarkan secara online/langsung :
  1. Dankdut Original
  2. Koplo