space banner iklan 728x90

Grup Dangdut Di Jerman Yang Lucu dan Lugu

Info Add Comment


Grup Dangdut di Jerman
Posting tentang lucunya Grup Dangdut Jerman ini sebenarnya masih terkait dengan tumbuh dan berkembanganya grup dan penyanyi Dangdut di Jepang yang sudah saya bahas beberapa waktu lalu. Namun karena masih ada perbedaan, jadi saya coba bahas di lain halaman.

Salah satu perbedaannya adalah bahwa tumbuh atau munculnya grup Dangdut di Jerman ini tidak sepesat dengan apa yang terjadi di Jepang. Sehingga penulis sendiri sangat sulit untuk mendapatkan data sejarah awal mula tumbuhnya grup Dangdut cowboy ini. Perbedaan kedua adalah saya belum menemukan penyanyi wanita seperti di Jepang. Dan terakhir adalah bahwa sebagian masyarakat lokal di Jerman belum sepenuhnya menerima kehadiran musik kita di sana karena mungkin baru masuk pada tahap perkenalan saja. Masuknya musik yang kita cinta ini rata-rata baru sebatas menghibur warga negara kita yang tinggal di negara tersebut, belum menyentuh ke masyarakat lokal.

Namun, meski hanya baru tahap perkenalan, saya sebagai seniman Dangdut merasa sangat bangga sekali dengan adanya grup di negara yang terkenal juga dengan tekonologinya. Meski juga belum ada organisasi atau komunitas resmi seperti yang sudah terbentuk di Jepang (J-Dangdut-red), namun benih-benih Dangdut sudah tertanam di sana. Salah satu cara perkenalan musik ini di sana adalah dengan menggelar berbagai festival budaya, seperti yang diselenggarakan beberapa tahun lalu oleh para pelajar Indonesia dalam Dangdut Festival Budaya Gottingen Jerman.

Berikut ini adalah link/channel video Youtube grup tersebut yang diunggah oleh Macanmeong55.



Dalam video tersebut, semua tampak seperti grup yang ada Indonesia, baik itu alat musiknya, aransemen atau bahasa dalam lagu tersebut, meski dari segi kostum dan teknik bermain musiknya agak sedikit berbeda. Saya sendiri tersenyum lucu melihat permainan atau pentas grup cowboy ini. Lucu dalam arti mereka tampak lugu dan sedikit kaku baik dalam memainkan alat musiknya atau ketika melantunkan lagunya dalam bahasa Indonesia. Namun demikian saya tetap memberi apresiasi kepada mereka, karena secara tidak langsung mereka juga berjasa mempopulerkan genre ini di negaranya.

Tumbuhnya Grup Dan Penyanyi Dangdut Jepang

Info Add Comment
Tumbuhnya grup dan penyanyi Dangdut Jepang

Pertumbuhan dan perkembangan kelompok dan penyanyi Dangdut di Jepang merupakan salah satu bukti bahwa musik adalah produk dari masyarakat Indonesia harus go international. Selain itu, juga kabar baik di tengah-tengah banyak orang Indonesia sendiri yang menganggap negatif terhadap musik ini. Karena, ternyata di balik sebagian asumsi mereka, Dangdut justru benar-benar diterima, dan berkembang pesat di Negeri Matahari tersebut.

Sebagian besar masyarakat internasional yang telah menerima pengaruh dari salah satu produk budaya Indonesia, tidak peduli atau bahkan khawatir tentang citra negatif sering menjadi polemik dan kontroversi di Indonesia. Seperti, kontroversi antara Inul vs Rhoma Irama tentang "Goyang Ngebor", penampilan tidak senonoh dari Dewi Persik, Trio Macan, yang beberapa waktu lalu dicekal di beberapa daerah oleh ulama setempat, atau kontroversi goyang erotis lainnya. Jadi kontroversi atau polemik yang sering terjadi di Indonesia, tidak mengurangi kecintaannya pada musik ini.

Komunikasi atau kerja sama budaya antara kedua negara yang berjalan dengan baik juga menjadi salah satu faktor tambahan. Sehingga uang, atau bahan yang diperoleh mungkin tidak menjadi prioritas utama, atau tidak menjadi satu-satunya sumber mata pencaharian serta popularitas. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan tujuan dari pelaku Dangdut di Indonesia sendiri yang tidak sedikit untuk menjadikan musik ini sebagai sumber mata pencaharian dan cara untuk mendapatkan popularitas.

Melihat fenomena tersebut, diterimanya Dangdut di Jepang  merupakan pengaruh yang luar biasa dari para seniman Dangdut yang pernah memperkenalkan musik kita di negara tersebut, seperti Camelia Malik, Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Ikke Nurjanah, Rita Sugiarto dan sebagainya. Meski tidak mudah dan harus perlu perjuangan yang ekstra, ternyata pengaruh tersebut lambat laun membekas di hati masyarakat Jepang. Jadi perjuangan yang dijasakan oleh Camelia Malik, Rhoma atau yang lain tidak hanya sekedar pentas menghibur warga negara Indonesia yang ada di sana saja, tapi juga meninggalkan jejak (pengaruh) dan identitas bagi penduduk lokal asli. Sehingga Dangdutpun diterima, tumbuh dan berkembang pesat di sana.

Sebagai wujud nyata dari musik ini telah berhasil ditanam di tanah matahari terbit adalah dibentuknya sebuah komunitas atau organisasi secara legal (seperti PAMMI) yang disebut J-Dangdut, kependekan dari Jepang Dangdut. Organisasi ini konon katanya sejajar dengan organisasi lain di bawah pemerintahan Jepang, seperti J-Rock, J-Pop, J-League (Liga Sepakbola), dan sebagainya.

Di bawah komunitas atau organisasi tersebut, ada beberapa grup yang telah lama terbentuk, seperti OM. RANEMA (beberapa sumber mengatakan dulu dikenal sebagai OM Exist.), OM Hatikumi 93, Drunk Girlz, Temasindo, OM. Touhu, Dll. Di antara grup tersebut yang paling terkenal adalah OM. Hatikumi yang dibentuk pada sekitar tahun 1993.

Sebagai bonus, akan saya persembahkan penampilan grup Dangdut di Jepang yang saya dapatkan di Youtube. Dalam video youtube ini, sebuah grup (maaf tidak diketahui nama grupnya) sedang mementaskan lagu Dangdut Koplo Asli yang berjudul Goyang Dombret. Meskipun banyak falsnya, tapi kita sebagai bangsa dan sekaligus pecinta musik ini tetap memberikan apresiasi pada grup dan penyanyi ini. Bukan pada hasil penampilan (bagus atau tidak), tapi karena mereka telah menerima musik hasil karya seniman bangsa kita.

Koleksi Lengkap Lagu Evie Tamala Sebagai Pengantar Tidur

Download Evie-Tamala Original 2 Comments
Meski secara penelitan musik klasik adalah yang paling cocok dan paling bagus saat didengarkan ketika kita akan tidur karena terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak, namun Koleksi lagu Evie Tamala juga tidak kalah kualitas jika dijadikan sebagai lagu pengantar tidur di malam hari (bukan tidur siang hehe). Oleh karenanya saya dengan senang hati berbagi link download mp3 Dangdut khusus untuk lagu-lagu Evie, agar sobat-sobat bisa membuktikan sendiri pendapat saya.

Namun tidak semua koleksi lagu Evie Tamala dalam setiap album cocok digunakan sebagai pengantar tidur di malam hari. Hanya pada album tertentu saja seperti Selamat Malam, Suara Hati, dan Kasmaran.

Pada album Selamat Malam (1995/1996) misalnya, menurut saya pribadi, lagu Sebuah Janji, Dia Adalah Dia, Kelam dan Selamat Ulang Tahun sangat pas untuk dijadikan sebagai pengantar tidur. Sementara di Album Suara Hati, hampir semua cocok. Karena pada album tersebut, aransemen musik yang dibuat oleh Alik Ababil begitu lembut, melo, romantis dan penuh dengan sentuhan warna musik dari genre lain seperti blues, klasik, dan swing ditambah lagi dengan kelembutan dari karakter vokal Evie sendiri yang sangat cocok dengan aransemen musik  itu sendiri.

Berikut ini adalah daftar koleksi lengkap lagu Evie Tamala yang (menurut saya) sangat cocok didengarkan sebagai pengantar tidur:
  1. Malam Ini
  2. Suara Hati
  3. Dia Adalah Dia
  4. Selamat Ulang Tahun
  5. Renungku
  6. Permata Hati
  7. Seribu Purnama
  8. Kelam
  9. Salam Mesra
  10. Ikhlas
  11. Apa Lagi Yang Kau Cari
  12. Masih Adakah Waktu
  13. Ku Ingin
  14. Sebuah Janji
  15. Sebuah Harapan
Dari ke 15 lagu Evie Tamala tersebut, yang paling sering saya gunakan sebagai pengantar tidur adalah 1000 Purnama yang ada dalam album Suara Hati, dan Kelam yang ada di album Selamat Malam. Saya sendiri tidak tahu mengapa kedua lagu tersebut sangat cocok dan begitu menyentuh perasaan yang bisa membuat pikiran menjadi tenang. Yang jelas kedua lagu tersebut begitu sangat lembut baik dari sisi suara atau vokal penyanyinya ataupun dari sisi aransemennya. Syairnya juga begitu puitis, seolah 'memaksa' otak kita terhipnotis olehnya. Meski lagu ini berkategori Dangdut lantaran faktor penyanyi itu sendiri (Evie Tamala), namun jika dilihat dari aransemen musiknya tidak 100% Dangdut pure, ada nuansa klasik dan swing dengan notasi yang begitu beraneka ragam. Kalau bahasa saya menyebutnya, banyak "kunci miring" yang ada dalam lagu tersebut, di mana hal tersebut jarang dijumpai pada lagu Dangdut pure.

Itulah beberapa rangkuman lagu dari semua album koleksi Evie Tamala lengkap yang menurut saya tidak kalah kualitasnya dengan musik klasik sebagai pengantar istirhat tidur di malam hari. Meski ini adalah pendapat pribadi saya, tapi banyak juga teman-teman saya yang berprofesi sebagai pemusik yang berpendapat sama dengan saya terutama pada tembang-tembang yang aransemen musiknya digarap oleh Alik Ababil, seperti pada ketiga album tersebut. Selain pandai mengolah dan mencampurnya dengan warna musik lain, Alik Ababil juga menambahkan instrument lain seperti biola dan saxophone dalam aransemennya, terutama pada album Suara Hati dan Kasmaran.

Jika sobat tertarik untuk mendengarkannya, silahkan klik judul lagu sesuai daftar yang sudah saya tulis di atas :


Dan jika ingin download semua lagunya (160), Silakan klik Koleksi Evi Tamala komplit.

Itulah yang bisa saya share kali ini, semoga bagi sobat yang susah tidur, dengan mendengarkan koleksi lengkap lagu Evie Tamala, bisa lebih mudah untuk beristirahat.

Untuk menemani istirahat sobat dangduter, silakan simak koleksi Video Evie Tamala di Youtube ini hanya dengan klik tanda panah ini.

Cara Download Mp3 Dangdut Gratis Via 4shared.com

Info Add Comment
Tips dan cara download lagu di blog Dangdut via 4shared
 
Beberapa waktu lalu saya sudah posting koleksi download lagu Mp3 Dangdut lengkap yang saya himpun menjadi satu dalam akun 4shared agar lebih praktis tampilannya. Akan tetapi mungkin banyak atau sebagian pengunjung blog ini yang belum tahu bagaimana cara download mp3 lagu Dangdut via akun 4shared tersebut. Untuk itu perhatikan dan ikutilah petunjuknya di bawah ini berdasarkan screnshoot gambar screenshoot di atas [klik untuk membesarkan].

Inilah cara download mp3 lagu Dangdut di blog ini via akun 4shared:

[1.] Menuju ke akun blog Dangdut di 4shared.com

Untuk melihat daftar1600 lagu yang sudah saya kumpulkan di 4shared silakan sobat klik tautan/link ini ==>> http://www.4shared.com/folder/J9qaIq8g/_online.html (mohon maaf karena akun 4shared sudah dibajak, jadi isi tidak bisa dilihat)

[2.] Lihat Daftar Lagu Berdasarkan Nama Penyanyi 

Setelah klik tautan tersebut, nanti sobat akan menuju ke halaman 4shared dan diperlihatkan daftar lagu sesuai abjad penyanyinya. Sebagai contoh nama penyanyi yang berawalan huruf A, Abiem Ngesti - Gempa.mp3, untuk huruf R misalnya, Rhoma Irama - Gelandangan.mp3. Untuk itu sobat musti hafal terlebih dahulu penyanyi dari tembang tersebut.

[3.] Pilihlah lagu Dangdut Yang Akan Didownload

Jika sobat bisa melihat daftar tampilan seperti gambar, maka untuk mendownload lagu yang sobat cari, silakan cari nama penyanyinya terlebih dahulu seperti sudah dijelaskan pada poin 2, sesuai huruf abjad dan kemudian klik tembang yang akan didownload mulai dari halaman 1-10 (lihat screenshot gambar di atas) atau yang ada di dalam folder (bagian atas). Jika ternyata sobat lupa siapa penyanyinya silakan mencari info terlebih dulu di google.

[4.] Dengarkan Lagunya Lalu Download

Untuk memastikan bahwa lagu Dangdut yang akan sobat download itu benar, sobat bisa mengeceknya terlebih dulu dengan mendengarkan lagu tersebut yang secara live disediakan oleh 4shared. Setelah semuanya benar dan sesuai dengan apa yang sobat cari, silakan klik download atau unduh. Hal ini biasanya terjadi untuk lagu dengan judul yang sama tapi syair ataupun aransemennya berbeda.

Info tambahan..

Bagi sobat yang sudah punya akun, maka tak perlu menunggu 20 detik. Tapi bagi yang belum, maka sobat harus menunggu terlebih dulu selama 20 detik.

Bagi sobat yang ingin bergabung dengan akun 4shared di mana banyak kemudahan dan fasilitas (seperti untuk menyimpan file apapun termasuk lagu, foto, video dan lainnya) yang diberikan kepada pengguna (user), silakan klik di sini.

Demikianlah tips atau cara download lagu Dangdut dalam format mp3 yang terkumpul dalam satu akun 4shared. Jika kurang jelas, silakan tanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan Terimakasih