Kehebatan Lagu Begadang Di Album Soneta Vol.1

Cover Album Soneta Volume 1 (Begadang) tahun 1973

Berita Singkat

Grup ini didirikan oleh Rhoma Irama pada sekitar tahun 1973. Rhoma mencanangkan "voice of muslim" bersama Soneta yang bertujuan menjadi agen pembaru musik Melayu yang memadukan unsur musik rock dalam musik Melayu serta melakukan improvisasi atas aransemen, syair, lirik, kostum, dan penampilan di atas panggung (Wikipedia). Sejak berdirinya, group ini setidaknya telah mengkoleksi 16 album yang bersistim volume series dengan 4 pasangan duet, yaitu Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Riza Umami, dan terakhir Noer Halimah.

Lagu Begadang di Album Soneta Volume 1

Album ini diluncurkan pada sekitar tahun 1973 atau setidaknya tidak lama setelah terbentuknya grup ini. Jumlah lagu yang terdapat pada album perdana ini adalah 10, yang terdiri dari 7 album solo (Rhoma & Elvy) dan 3 tembang duet.

Menurut kabar sejarah yang beredar, pada dasarnya lagu yang diandalkan untuk dijadikan hits adalah Tung Keripit, karena memiliki nilai lebih dari sudut aransemen musik, beat lagu dan syair yang unik. Namun, masyarakat justru berbeda dalam penilaiannya. Mereka lebih suka dengan tembang Begadang dari pada Tung Keripit. Entah apa alasannya mereka lebih memilih tembang itu.

Kehebatan Lagu Begadang dan Penghargaannya

Hingga kini, tembang tersebut masih begitu terkenal baik untuk pecinta Dangdut umum, musisi dan seniman bergenre lain ataupun Sonetamania. Saking populernya tembang ini, Iwan Fals bahkan berani menyatakan kalau lagu Begadang setara dengan lagu Indonesia Raya. Selain itu, tembang ini juga masuk sebagai kategori 150 lagu terbaik Rolling Stones Indonesia sepanjang masa yang menempati urutan 24. Begadang juga merupakan lagu dangdut pertama yang dianggap terbaik sepanjang masa oleh majalah Franchise asal Amerika Serikat (merdeka.com). Menurut beberapa penelitian, pada dasarnya kehebatan hits tersebut sehingga bisa meraih penghargaan terletak pada syair dan aransemen musik sederhana.

Daftar Lagu Album Soneta Volume 1

Side A
  1. Begadang (Oma)
  2. Sengaja (Elvy S)
  3. Sampai Pagi (Duet)
  4. Tung Keripit (Oma)
  5. Cinta Pertama (Elvy S)
Side B
  1. Kampungan (Duet)
  2. Ya Le Le (Oma)
  3. Tak Tega (Oma)
  4. Sedingin Salju (Elvy S)
  5. Sya La La (Duet)

Kategori :

InfoSoneta

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting