Daftar Lagu Yang Judulnya Nama Orang

Daftar lagu yang judulnya Nama Orang
Daftar lagu Dangdut yang judulnya menggunakan nama orang baik laki-laki atau  perempuan ini mungkin belum pernah dipublikasikan atau diposting di internet. Padahal jika kita mau sedikit kreatif dan ulet, ternyata banyak judul lagu-lagu seperti itu. Sebagai salah satu contoh tembang yang menggunakan judul nama laki-laki adalah Jacky koleksi Rita Sugiarto yang pernah sukses dan hits di tahun 1981.

Setelah saya cari dan korek semua koleksi dangdut lawas saya, ternyata ada sekitar 30 lagu yang judulnya mengandung nama orang. Fokus pada topik ini  adalah pada titel tembang saja bukan pada lirik atau syair. Nurhayati yang ada dalam syair Terbayang-terbayang koleksi Ona Sutra tidak masuk dalam kategori ini. Begitu juga Ismawati yang disebut dalam syair "Menari di Atas Luka" koleksi Imam S.Arifin tidak masuk dalam topik ini.

Nah 30 lagu tersebut saya ambil dari beberapa koleksi lawas Mansyur S, Rhoma Irama, Muchsin Alatas dan sebagainya. Pada koleksi Mansyur S, ada lagu yang begitu populer dan hingga saat ini masih sering kita dengarkan atau dipentaskan di panggung terbuka baik secara offair ataupun onair, yaitu Khana. Saya yakin, dangduter mayoritas banyak yang tahu lagu yang judulnya identik dengan nama orang India. Ada juga tembang sejenis yang tak kalah populer yaitu Ani, milik Rhoma Irama. Saking populernya, tembang ini pun dirilis dan diaransemen ulang yang kemudian dinyanyikan oleh Imam S Arifin dengan garapan musik dengan sentuhan yang lebih modern, aransemen Alik Ababil.

Untuk koleksi Muchsin Alatas yang paling menonjol menurut saya adalah Maya. Tembang ini juga masih sering kita dengarkan dan juga dinyanyikan oleh penyanyi Dangdut lain, seperti halnya Khana koleksi Mansyur S dan Ani Koleksi lagu Rhoma Irama. Selain itu, Maya juga dinyanyikan oleh Hamdan ATT dengan nuansa yang sama. Sementara garapan musik yang sedikit berbeda ketika dilantunkan oleh Nadi Baraka dengan judul yang juga berbeda yaitu SAYANG. Perbedaan syair ini hanya terletak pada perubahan kata Maya menjadi Sayang.

Beberapa lagu yang dibahas tersebut saya sengaja jadikan sebagai sampling atau contoh karena lebih terkenal dibandingkan tembang yang menggunakan judul nama orang lainnya. Dan tidak mungkin saya akan bahas satu persatu karena saya yakin dengan beberapa contoh di atas saja, dangduter sudah paham. Untuk tembang-tembang yang semacamnya, ada dalam daftar di bawah ini.

Rhoma Irama:
  1. Ani
  2. Camelia
  3. Chane
  4. Rhoma & Ida (duet) 
  5. Zulfikar 
  6. Jamilah
  7. Janggo
Mansyur S:
  1. Khana
  2. Zubaidah
  3. Ramina
  4. Badriah
  5. Hartati
  6. Shanti
  7. Rani

Muchsin Alatas:
  1. Maharani
  2. Magdalena
  3. Maya
  4. Rena
  5. Lidya
  6. Nurlela
Rita Sugiarto:
  1. Jacky
  2. Zainal
  3. Abang Romy
Penyanyi lain:
  1. Joni (Irma Erviana)
  2. Fitriya (Elvy Sukaesih)
  3. Bang Madun (Sheilawati & Doyok)
  4. Bang Toyib (Ade Irma)
  5. Mustika (Mirnawati)
  6. Abang Kodir (Mirnawati)
  7. Mat Boby (Ayu Soraya)
  8. Bang Jali (Linda Moymoy)
  9. Sonia (Abiem Ngesti)
  10. Mas Joko (Helvy Maryand)
  11. Arjun (Yus Yunus & Iis Dahlia)
  12. Qais & Laila (Jhony Iskandar)
  13. Sarmila (Asraff)
  14. Tante Yuli (Abiem Ngesti)
  15. Acong Jadi Amir (Ayu Soraya)
  16. Azizah (Imam S Arifin)
Itulah daftar lagu Dangdut yang judulnya menggunakan nama orang, baik itu laki-laki atau perempuan yang saya rangkum dari era 60an sampai sekarang. Akan terus bertambah dan update jika ditemukan lagi judul lagu seperti itu. Semoga bermanfaat.

Mohon maaf untuk link downloadnya sedang dalam perbaikan.

Kategori :

Info

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting