Lagu Dangdut Yang Paling Mengharukan

lagu Dangdut paling mengharukan yang pernah ada selama ini.

Ada lagu dangdut yang bisa dijadikan pengantar tidur, ada pula yang asyik untuk berjoget dan bergoyang, ada juga lagu yang menyeramkan, ada yang berisi pesan dan nasihat, ada yang bertemakan cinta, asmara, dan ada pula lagu Dangdut yang paling mengharukan. Kriterianya dinilai dari kandungan syair dan perpaduan antara materi suara penyanyi serta aransemen musik. Selain itu juga berdasarkan pada nilai sosial yang ada pada lagu tersebut. Jadi untuk lagu yang bernilai asmara atau percintaan tidak masuk dalam kriteria.

Nah, berdasarkan kriteria tersebut, ada dua lagu yang menurut saya pantas dikatakan sebagai lagu Dangdut yang paling mengharukan yaitu Ratapan Anak Tiri (versi) yang dilantunkan oleh Iis Dahlia dan lagu Akulah Saudaramu (versi) yang dilantunkan oleh Rhoma Irama feat OM Purnama.

Kandungan syair pada Ratapan Anak Tiri berkisah tentang nasib seorang anak (dalam sebuah film, anak tiri yang diilustrasikan tersebut berusia sekitar 6 tahun) yang diperlakukan semena-mena oleh ibu tirinya. Anak itu akan dimanja, disayang bahkan dipuji ketika ada ayah di samping mereka, sementara jika ayah tidak ada di sisinya, si Ibu tiri ini akan menista dan mencacinya.
Penggalan syair yang paling mengharukan ada pada:
"Ibu tiri..hanya cinta kepada ayahku saja..selagi ayah disampingku ku dipuja dan dimanja...tapi bila ayah pergi, ku dinista dan dicaci......

Sementara kandungan syair pada lagu Akulah Saudaramu berkisah tentang seorang adik yang tidak diakui oleh kakaknya ketika nasib hidup sang kakak berubah menjadi orang kaya. Bahkan ketika si adik nekat menemui kakak kandungnya karena begitu rindu dengan mendatangi rumah meskipun jaraknya sangat jauh, sang kakak langsung tanpa ampun mengusirnya.

Penggalan syair yang membuat pendengar lagu jadi terharu ada pada:
"Akulah saudaramu..seayah dan seibu...mengapakah kau kini tiada mengenal lagi adik kandung sendiri....aku datang kemari bukan untuk meminta, hanya sekedar rindu ingin jumpa denganmu..."
Jika dinilai dari aransemen dan penyanyi pada Ratapan Ibu Tiri ini penulis lebih memilih Iis Dahlia ketimbang pelantun aslinya. Hal ini disebabkan karena karakter dan materi vokal Iis sangat cocok untuk lagu yang haru dan sedih. Tak heran, jika koleksi Iis Dahlia lebih banyak lagu-lagu yang mengharukan. Sementara untuk lagu Akulah Saudaramu, penulis lebih memilih pelantun dan juga aransemen aslinya (OM Purnama feat Rhoma Irama) daripada yang dilantunkan oleh Nadi Baraka. Alasannya, pada aransemen klasik terdapat sentuhan biola yang begitu menyayat hati disertai dengan alunan seruling pembuka bernada melayu-gambus minor zigana.

Itulah 2 buah lagu yang paling mengharukan, memilukan dan menyedihkan versi saya pribadi. Mungkin bagi sobat yang benar-benar mendengarkan dengan penuh penghayatan , meresapinya dan membayangkan kalau sobat atau adik atau anak sobat yang bernasib sama seperti dalam lagu tersebut bisa membuat sobat menitikkan air mata.

Sumber foto/gambar : hxxp://rollfilm.blogspot.com (x ganti t)

Kategori :

DownloadOriginal

1 komentar:

Kalau saya Kehilangan dari rhoma irama, kebanyakan orang memaknai lagu ini seperti scene di filmnya, tapi menurut saya lagu ini jauh lebih dalam, dari syairnya kita bisa tahu kalau kehilangan yang dimaksud adalah kematian, kehilangan orang yang sebelumnya tidak kita sadari bahwa mereka sangar berharga dalam hidup kita, dan biasnya cenderung kita abaikan seperti orangtua

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting