Daftar Lagu Dangdut Hits Terbaik 90an

daftar lagu dangdut top hits dan terbaik periode 90-an

Daftar lagu Dangdut hits terbaik era 90an ini maksudnya adalah antara awal 1989 sampai pertengahan tahun 1991, jadi bukan antara tahun 1990 sampai awal 2000an. Daftar lagu Dangdut terlaris dan terbaik 90an ini merupakan kumpulan tembang-tembang lawas yang pernah populer, terkenal pada waktu itu. Karena pada tahun-tahun inilah awal kedua kebangkitan atau meledaknya era musik yang paling kita sayangi. Imej terhadap musik ini yang sebelumnya dianggap sebagai musik kampungan dan hanya disukai oleh kaum menengah kebawah lambat laun mulai sirna.

Di era tersebut saya masih ingat betul ketika memborong kaset-kaset campuran non album di covernya terdapat tulisan "Dankdoet Meledak", dan memang pada tahun ini popularitasnya semakin naik meski persaingan dengan genre lain waktu lebih ketat dibandingkan dengan sekarang. Dulu, musik kita bersaing dengan banyak genre seperti Rock, Slow Rock, Pop klasik, dan musik-musik cadas metal. Masih ingat ketika masa keemasan Nikke Ardilla, Mel Shandy, Nicky Astrea, Deddy Dorres, Godbless, Power Metal, Edane, Slank, Nia Daniaty, Pance, Ebbiet G Ade, Bimboo, Iwan Fals, dan sebagainya. Belum lagi dominasi musik barat seperti Metallica, Spultura, Guns N Roses, Bon Jovi, Michael Jackson, dan aliran-aliran slow rock dari Malaysia seperti Iklim, Amy, dan lain-lain.

Daftar lagu Dangdut hits terbaik 90an sebenarnya ditandai dengan meledaknya album Jhonny Iskandar yang berjudul Bukan Pengemis Cinta, lalu disusul oleh Abiem Ngesti dengan albumnya Pangeran Dangdut, Ona Sutera dengan album perdananya yang berjudul Terbayang-bayang. Ketiga album tersebut menandai era kebangkitan genre ini di tengah persaingannya dengan genre lain. Lebih meledak lagi ketika sang raja dengan album yang berjudul Bujangan untuk kali pertamanya tampil di layar kaca TVRI setelah beberapa tahun lamanya dilarang.

Berikut ini daftar (acak) lagu Dangdut hits terbaik di era 90an:
  1. Haram (Rhoma Irama feat Noer Halimah). Lagu ini merupakan rilis ulang dengan judul yang sama tapi ada perbedaan pada syair/liriknya dan juga pasangan duet. Sebelumnya Rhoma berduet dengan Rita Sugiarto.
  2. Kangen (Evie Tamala). Sebenarnya ini bukan kategori Dangdut, dan lebih condong ke Campursari. Namun karena waktu nama Campursari belum meledak atau terkenal, banyak yang memasukkan ke kategori lagu-lagu jawa. Selain itu, Evie Tamala juga lebih terkenal sebagai penyanyi Dangdut daripada penyanyi lagu jawa seperti langgam misalnya.
  3. Terbayang-bayang (Ona Sutera) . Setahu saya, ini adalah lagu dan sekaligus album Dangdut perdana Ona Sutra dalam karirnya sebagai pedangdut profesional.
  4. Jogja-Bandung (Johny Iskandar feat Evie Tamala). Lagu ini sempat memunculkan "gosip jodoh" kedua artis ini.
  5. Dokter Cinta (Evie Tamala) . Salah satu hal yang membuat lagu ini populer adalah video klip yang lucu yang diperankan oleh Doyok sebagai dokter.
  6. Tamu Tak Diundang (Iis Dahlia). Walau waktu itu saya masih kecil, tapi melihat dan mendengarkan lagu ini di tivi (TVRI)dan radio, bisa membuat saya menangis. Tak hanya saya, teman-teman sepermainan saya juga banyak yang menangis kalau menyaksikan video klip lagu ini. Inilah salah satu hal yang membuat lagu Dangdut lawas ini begitu hits di era 90an
  7. Gubuk Bambu (Meggy Z). Meski tidak tahu apa yang membuat lagu ini hits, tapi saban hari lagu ini sering diputar di radio-radio swasta waktu itu
  8. Bukan Pengemis Cinta (Johny Iskandar). Tak diragukan lagi, lagu ini merupakan salah satu lagu sebagai tanda kebangkitan musik Dangdut di era 90an. Hitsnya lagu ini menular ke lagu-lagu Dangdut yang diluncurkan saat itu...untuk keterangan lagu di bawahnya akan disambung lain waktu...
  9. Ojo Suwe-suwe (Ikke Nurjanah)
  10. Bibir Bermadu (Ikke Nurjanah)
  11. Iki Lho Mas (Ikke Nurjanah)
  12. Madu Merah (Itje Trisnawati)
  13. Dana Asmara (Itje Trisnawati)
  14. Acong Jadi Amir (Ayu Soraya)
  15. Cuma Satu (Ayu Soraya)
  16. Bukan Yang Pertama (Mega Mustika)
  17. Sekedar Bertanya (Dina Mariana)
  18. Zubaidah (Mansyur S)
  19. Bujangan (Rhoma Irama)
  20. Pangeran Dangdut (Abiem Ngesti)

Itulah beberapa lagu dangdut yang nge-hits di era 90an (1989-1991 pertengahan), dan diantara daftar tersebut ada yang masuk kategori sebagai lagu Dangdut terbaik dan populer sepanjang masa, yaitu Bukan Pengemis Cinta, Pangeran Dandut, Terbayang-bayang, dan Bujangan.

Kategori :

DownloadOriginal

4 komentar

mau nanya dong, kalo lirik dangdut ini judulnya apa ya?
"tiada mengapa kita berpisah, asalkan dirimu tetap bahagia"

Hayo siapa yang tahu judul lagu Dangdut seperti lirik atau syair tersebut?

udah setahun belum dapet juga tuh lagunya.
hadeuh... kemanaaaa tuh kaset ya....

"Pesan Perpisahan" dari Mansyur S....mas bro

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting