Home » , » Devi, Kendang Dangdut Koplo Cewek [Youtube]

Devi, Kendang Dangdut Koplo Cewek [Youtube]

Written By Adam Aiyasi on Kamis, 23 Mei 2013 | 13.23


Umumnya, pemain kendang dalam sebuah grup Dangdut Koplo adalah seorang pria/cowok, karena untuk memainkan alat musik (manual) ini dibutuhkan power yang kuat dan teknik-teknik lain yang sulit dilakukan, terlebih untuk seorang wanita/cewek yang mayoritas memiliki tangan yang lembut dan lemah gemulai. Oleh karenanya, dari segudang musisi Dangdut yang ada di Indonesia atau mungkin dunia, barangkali sangat sulit menjumpai penabuh kendang dangdut/koplo wanita.

Namun jangan salah dan perlu sobat ketahui, bahwa sebenarnya pengendang Dangdut wanita pernah dijumpai di Indonesia dan cukup populer di kalangan pecinta dan musisi di era 80-90an, yaitu Titiek Noer. Selain sebagai penyanyi solo, beliau juga merangkap sebagai penabuh gendang di grupnya yang cukup fenomenal di era tersebut, OM. Kendedes.  Sayangnya, setelah Kendedes meredup, sudah lama sekali tidak dijumpai sosok wanita populer yang punya dua profesi sekaligus di dunia Dangdut Indonesia seperti beliau (yang sekarang menjabat sebagai Pengurus PAMMI pusat ini).

Setelah menghilang dari perederan, saya mengira tak akan ada lagi pengganti atau suksesor kakak kandung Venty Noer yang juga satu grup dengan beliau. Tapi, di luar dugaan, baru-baru ini saya menjumpai seorang seniman Dangdut cewek yang juga memiliki 2 profesi seperti Titiek Nor. Pemain kendang Dangdut/koplo dan juga sebagai penyanyi. Namanya Devi Permata. Wanita asal kota seribu bunga, Magelang.

Devi, yang tergabung dalam Grup OM. Permata ini adalah seorang mahasiswi di sebuah PT. Swasta di kotanya, Magelang. Pengalaman pertama sebagai pengendang didapatnya melalui electune plus. Kemudian bergabung dengan Permata, Arista dan banyak lagi grup Dangdut Jogja lain dan juga kota-kota di Jateng dan sekitarnya yang menggunakan jasanya.

Kendang Dangdut/Koplo Cewek asal Magelang
Selain sebagai kendanger, Devi juga seorang penyanyi yang memiliki teknik vokal yang cukup bagus. Sehingga tak heran kalau dirinya pernah didaulat menjadi backing vokal grup Ki Ageng Ganjur Jogja ketika beberapa waktu lalu melangsungkan tour musik kolaborasi bersama grup band legendaris Indonesia, SLANK.

Jika anda penasaran, silakan lihat aksi heboh pemain kendang cewek ini dalam sebuah pentas Dangdut yang bersumber dari video youtube.


Bagaimana pendapatnya sobat..?..hebat bukan, bernyanyi sekaligus jadi pemain kendang. Jadi kesimpulannya, ternyata masih ada musisi di kalangan wanita yang berprofesi sebagai penyanyi dan sekaligus pengendang seperti mbak Titik. Jika di antara pengunjung pernah melihat atau memiliki seorang teman perempuan atau mungkin anda sendiri yang memiliki profesi yang sama silakan tulis di kolom komentar. Hal ini sebagai tambahan pengetahuan tentang jumlah musisi Dangdut cewek, khususnya pengendang yang ada sekarang.

Share this post :

Poskan Komentar