--::-- Selamat Datang di Blog Dankdut Indonesia --::-- Blognya Pecinta Musik Dangdhut Indonesia --::-- Download, Berita, Cerita dan Video --::--
Home » » Lagu Dangdut Populer Sepanjang Masa

Lagu Dangdut Populer Sepanjang Masa

Written By Adam Aiyasi on Jumat, 08 November 2013 | 18.24
lagu dangdut terpopuler adalah Gelandangan rhoma Irama
Dari sekian ribu lagu Dangdut yang ada, hanya beberapa saja yang bisa dikatakan sebagai lagu Dangdut populer sepanjang masa. Namun, saya juga tidak membatasi penghargaan tersebut untuk satu lagu yang tidak pernah surut dari masa ke masa. Saya juga akan memberikan penghargaan untuk beberapa lagu Dangdut yang populer di masing-masing era.

1. Era 60an (1960-1970)

Lagu Dangdut di Era 60an ini masih didominasi oleh lagu-lagu bercorak melayu yang didukung oleh penyanyi ternama saat itu seperti A. Harris, Mashabie, Husein Bawafie, Ellya Kadam, dan sebagainya. Lagu-lagu Dangdut populer di era ini adalah Boneka Cantik dari India yang dilantunkan oleh Ellya Kadam, Ratapan Anak Tiri (Husein Bawafie), Siksa Kubur, Keagungan Tuhan (Ida Laila), Seroja, Bahtera Laju (Said Effendi),  Beban Asmara (Munif Bahaswan) Renungkanlah (Mashabi) yang kemudian dirilis ulang oleh A. Rafiq, Ke Binaria (Rhoma dan Ellya) dan masih banyak yang lain. Saya pribadi menilai lagu Ratapan Anak Tiri sebagai yang terpopuler di era 60an ini. Namun jangan lupakan juga Boneka Cantik dari India yang menjadi pendongkrak atau pelopor lahirnya musik bernama "Dangdut".

2. Era 70an (1970-1980)

Era 70an adalah era transisional dari musik melayu ke Dangdut. Di era ini muncul nama-nama baru seperti Elvy Sukaesih, Mansyur S, Muchsin Alatas, Rita Sugiarto, A. Rafiq (Intan Berduri, Pandangan Pertama, Pengalaman Pertama, Karena Dia), Camelia Malik (Colak-colek), Herlina Effendi (Suling Bambu), Hamdan ATT (70an akhir) ,  dan sebagainya.  Lagu-lagu yang hits di era ini rata-rata dinominasi oleh Rhoma Irama bersama Soneta sebagai titik awal masa 'peralihan' musik melayu ke Dangdut yang semakin banyak unsur atau corak musik yang menjadi bumbu baru musik Dangdut sehingga menjadi lebih berwarna, seperti irama Rock, blues dan balada, dan lainnya. Lagu-lagu tersebut misalnya Gelandangan, Terajana, Begadang dan sebagainya. Namun, saya memberikan apresiasi pada lagu Begadang sebagai lagu Dangdut populer di era 70an. Sehingga tak heran jika banyak pihak yang juga mengakui kehebatan lagu Begadang di album Soneta Vol.1 dan juga penghargaan-penghargaan yang diterima oleh lagu tersebut.

3. Era 80an (1980-1990)

Di era 80-an Hamdan ATT meluncurkan albumnya berjudul Termiskin Di Dunia yang begitu membahana dan sangat sukses di pasaran. Begitu juga dengan tembang/album yang berjudul Jacky koleksi Rita Sugiarto, juga laris manis di pasaran. Bahkan sumber sejarah mengatakan kalau penjualan album pertama solo karir yang didampingi Jacky Zimah hanya kalah dari tembang pop milik Betharia Sonata (lupa judulnya). Oleh karena itu, daripada saya bingung, kedua lagu Dangdut tersebut layak di jadikan sebagai yang paling populer di era ini. Selain itu, masih ada juga lagu-lagu yang bisa dikatakan terkenal di era 80an seperti Pasrah (Muchsin Alatas), Buka Pintu (Irma Erviana), Judi, Gali Lobang Tutup Lobang (Rhoma Irama), Hitam Bukan Putih (Mega Mustika), Jeritan Hati (Mirnawati), Tembok Derita (Asmin Cayder), Dua-dua (Mansur S), Duh Engkang (Itje Trisnawati), Jakcy (Rita S), Sakit Gigi (Meggy Z), Dokter Cinta (Evie Tamala), Bukan Pengemis Cinta (Jhonny Iskandar), Kopi Dangdut (Fahmi Shahab), Mandi Madu (Elvy Sukaesih). dll

4. Era 90an (1990-2000)

Di era 90an, atau tepatnya di pertengahan tahun 1996-1997, Ikke Nurjanah begitu mendobrak, bahkan tidak hanya untuk kalangan penggemar Dangdut saja, akan tetapi hampir semua kalangan mengenal lagu yang berjudul Terlena. Oleh karena itu, lagu Dangdut koleksi Ikke Nurjanah tersebut pantas untuk mendapatkan penghargaan sebagai lagu yang paling populer di era ini. Lagu ini masih konsisten hingga sekarang karena masih sering kita dengarkan dan masih sering dipentaskan atau dilagukan baik secara off air maupun on air. Sementara nominasi lain patut diberikan penghargaan untuk tembang-tembang seperti  Bujangan, Pangeran Dangdut, Terbayang-Bayang, Kopi Dangdut (Fahmi Shahab), Sapu Tangan Merah, Pelaminan Kelabu, Kembalikanlah Dia, RT 05 RW 03, Pak Pos, Rambut, Kang Mas, Janur Kuning, Pacar Dunia Akhirat, Rembulan Malam, Undangan Palsu, Payung Hitam, Sisa-Sisa Cinta, Mandi Kembang, Rahasia Cinta,  Selamat Malam, Kandas, Suara Hati, Siapa Kau, Galau, dan sebagainya.

5. Era 2000an sampai sekarang

Sedangkan di era 2000an-sekarang sebenarnya susah juga menilainya, karena 2013 juga masuk di era 2000an di mana lagu yang sedang hits dan terkenal saat ini adalah Buka Sithik Joss. Sedangkan saya belum tahu perkembangan yang terjadi ke depan. Namun meski lagu ini belum masuk kategori sebagai tembang terpopuler di era 2000an, akan tetapi Buka Sithik Joss layak dijadikan sebagai lagu dangdut paling populer di 2013 ini.

Sebenarnya di awal 2000 banyak juga tembang yang populer waktu itu seperti Jatuh Bangun, Trauma, 1001 Hari, Aku Rindu Padamu, Ku Ingin, Mbah Dukun, Putri Panggung, Bintang Pentas, Goyang Dombret, Bang Mandor, Kucing Garong, Terlambat, SMS, Keong Racun, Cinta Satu Malam, Alamat Palsu, Iwak Peyek. Dan yang layak mendapatkan penghargaan di era ini adalah Jatuh Bangun.

Dari sekitar total 100 lagu populer dari era 60an sampai sekarang seperti sebagian sudah saya sebutkan di atas, yang paling pantas mendapat penghargaan sebagai lagu Dangdut paling populer sepanjang masa adalah Gelandangan milik Rhoma Irama bersama OM. Soneta yang hingga kini tak pernah surut dan tetap dikenal. Gelandangan masih sering dinyanyikan dari generasi ke generasi yang mana ada banyak yang belum lahir saat lagu tersebut kali pertama diluncurkan, termasuk saya tentunya. Saya berani menjamin 100% kalau seluruh pemusik Dangdut yang ada di Indonesia sudah pasti mengenal lagu ini.

Share this post :

Poskan Komentar