--::-- Selamat Datang di Blog Dangdut Indonesia --::-- Blognya Pecinta Musik Dangdut Indonesia --::-- Berita, Cerita, Download dan Video --::--
Home » » Lagu Dangdut Pilihan Terlaris Tahun 2013

Lagu Dangdut Pilihan Terlaris Tahun 2013

Written By Adam Aiyasi on Rabu, 06 November 2013 | 09.08
Mp3 Lagu Dangdut Pilihan Terlaris 2013
Setelah kami menyediakan daftar koleksi lagu Dangdut lawas dan koplo Mp3 lengkap, yang mayoritas masih berisi daftar lagu lawas, klasik dan original (sebelum lahir koplo), kali ini kami akan menyajikan daftar lagu Dangdut terlaris pilihan tahun 2013  baik dari hasil daur ulang tembang lawas yang diaransemen Dangdut koplo maupun lagu terbaru, baik dari genre campursari ataupun pop (tentunya hasil evaluasi tahun 2012 akhir hingga sekarang). Namun, kali ini saya hanya menyediakan daftar saja tanpa ada download mp3nya, karena memang fokusnya pada analisis atau opini tembang terlaris tahun ini versi penulis.

Sebenarnya pada awal Januari tahun lalu saya membuat topik yang hanya fokus tentang tembang dankdut terbaru 2012 (namun sayang terhapus), kali ini temanya agak sedikit berbeda meskipun judulnya agak mirip. Pada ulasan di tahun 2012, postingan lebih memfokuskan pada sepinya produktifitas untuk karya/ciptaan terbaru. Waktu itu, munculnya karya cipta baru sangatlah minim. Hanya beberapa saja, salah satunya adalah yang dipopulerkan oleh Ayu Ting Ting, Alamat  Palsu yang diluar dugaan sukses mendominasi seluruh pasar musik Indonesia secara umum.

Pasca meledaknya Alamat Palsu tersebut, sepengetahuan saya tidak ada lagi karya baru yang fenomenal. Memang tembang seperti Iwak Peyek juga sangat fenomenal dan sukses merebut simpati masyarakat, namun sayangnya banyak kontroversi yang muncul seputar tembang yang awalnya berbahasa Jawa ini. Kami juga kurang begitu tahu apakah Iwak Peyek juga terjual laris manis dalam bentuk vcd/kaset. Kami hanya tahu bahwa tembang tersebut memang sangat laku dan sering di tampilkan baik di layar kaca atau pertunjukkan/pentas di daerah-daerah. Begitu pula dengan Buka Sitik Joss yang juga membahana di seantero Indonesia. Meski awalnya banyak yang tidak tahu lagu tersebut, berkat aksi Goyang Cesar di salah satu televisi swasta nasional, tembang ini juga jadi populer sekarang.

Namun demikian, ada yang patut untuk kita apresiasi dan berbangga di sisi lain, imporisasi (baca:koploisasi) lagu-lagu dari aliran lain seperti Pop atau Band grup, turun drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Koploisasi lagu seperti Aku Bukan Bang Toyib, Kehilangan, Cari Jodoh, misalnya tidak terlalu dominan di tahun 2013 ini. Hal yang menjadi ukuran tentu saja dari beredarnya vcd bajakan pentas grup-grup Dangdut Koplo Jawa Timur yang tahun ini lebih memilih daur ulang tembang jadul ketimbang mengkoplokan tembang-tembang pop atau band grup. Ibarat kata seperti genre ini tak punya lagu saja....

Dengan daur ulang lagu lawas tersebut tentunya sangat bagus terutama buat para fans baru/pemula dan bagus pula untuk musik kita agar tetap eksis dan sebagai upaya untuk melestarikan genre yang merupakan kreasi asli bangsa.

Inilah beberapa lagu Dangdut pilihan terlaris tahun 2013 yang sering direquest penonton yang berasal dari tembang-tembang lama

1. Secawan Madu (Kristina)
2. Masa Lalu 1 (NN)
3. Selalu Rindu (Ine Cyntia)
4. Dua Kursi (Rita Sugiarto)
5. Kereta Malam (Elvi Sukaesih dipopulerkan Evie Tamala dengan iringan Dangdut Koplo)
6. CAKA (Cintai Aku Karena Allah)
7. Minyak Wangi (Ayu Ting-Ting)
8. Ada Rindu (Evie Tamala)
9. Tersisih (Rita Sugiarto)
10. Sasaran Emosi (Rita Sugiarto)
11. Aku Tak Butuh Cinta (Minawati Dewi)
12. Mendamba (Evie Tamala

Sementara yang menjadi pilihan terlaris yang berasal dari musik lain (bukan daur ulang tembang lawas):

1. Kesaktianmu
2. Jangan Bertengkar Lagi
3. Masa Lalu 2
4. Satu atau Dua
5. Tak Tunggu Balimu
6. Buka Sithik Jos
7. Jaluk Pegat
8. Ngamen Terakhir
9. Perawan Kalimantan
10. Iwak Peyek

Update (Juni-Desember) :
1. Oplosan
2. Wedi Karo Bojomu
3. Mendem Kangen
4. Asmara
5. Brondong Tua
6. Satu Jam Saja
7. Wedhus
8. Ngidam Penthol
9. CAKA (Cintai Aku Karena Allah)
10. Don't Worry
11. 1000 Alasan
12. Hitam Putih
13. Bang Jali

Itulah beberapa lagu Dangdut terlaris pilihan di 2013. Mungkin bagi pengunjung ada yang mau menambahkan...monggo...

Share this post :

10 komentar:

  1. masa lalu 1 deviana safara(jatim,sonata,samudera record banyuwangi).

    BalasHapus
  2. masa lalu 1 (deviana safara,samudera record)buka sithik jos itu judul aslinya buka dikit jos oleh juwita bahar,masa lalu 2(samudera record)

    BalasHapus
  3. Apakah tahu nama pencipta lagu Buka Sitik Joss itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh..ane sendiri kurang begitu tau siapa pencipta asli lagu Dangdut Koplo Buka Sitik Joss itu....tapi yang jelas jawaban atau komentar dari mas Muhammad Ari di atas bisa membantu...

      Hapus
    2. Saya bertanya siapa nama penciptanya karena saya mau kenalan untuk menimba ilmu+mau tahu apakah pencipta lagu itu dapat komisi tiap lagunya dinyanyikan oleh artis dangdut. Kalau dapat komisi, saya juga mau menciptakan lagu buat penyanyi. Jujur saja saya nyari di Google tidak ketemu biodata pencipta lagu tersebut. Terima kasih atas balasan komentar saya. Salam sukses, mas. (Adi)

      Hapus
    3. Jadi begini kalo soal hak cipta lagu dangdut, kalo lagu itu pertama kali dijual sama grup atau penyanyi dangdut, si pencipta sudah ga dapat komisi apa-apa, karena sudah dibeli. Tapi lain halnya kalo berjuang bersama. Misalnya ada lagu yang anda ciptakan terus lagu itu tidak dibeli tapi digarap bersama dipopulerkan bersama, terus ada produser yang nawarin dapur rekaman dan lagu itu diedarkan atas nama ciptaan anda, maka anda dapat komisi dari produser tersebut. Dan jika penyanyinya itu mendapat job, anda juga harus mendapat komisi..Sebagai contoh begini, saya punya teman asal kebumen. Dia adalah pencipta lagu dari lagu dangdut koplo yang berjudul TKW. Dia tidak ditawari produser, tapi dia sendiri yang bermodalkan materi dan tenaga mulai dari mencipta lagu, rekaman di studio dan bikin video klip yang menghabiskan ratusan juta rupiah. Dan setelah dipublikasikan yang juga memakan biaya yang banyak di tivi2 daerah, ternyata kurang begitu menarik masyarakat. tapi justru diambil, atau dibawakan ketika pentas oleh grup dangdut koplo jatim. dan ternyata begitu dipentaskan oleh Monata (sodik), lagu tersebut lebih populer dibandingkan sebelumnya. tapi si pencipta lagu dangdut TKW tersebut tidak menghasilkan apapun dari tenarnya lagu TKW tersebut katanya begitu ketika saya ngiringin dia. Menurutnya, dia cuma mengelus dada, dia yang nanam, orang lain yang panen..itu begitu. Jadi kalo anda punya lagu, menurut saya dijual aja (kalo ga ada modal nekat untuk jadi penyanyi. atau daftarkan aja di lomba cipta lagu dangdut PAMMI, sekarang kan ada. cari aja di google informasinya...terimakasih sudah mau berpartisipasi...salam kenal juga (AYAS)

      Hapus
    4. Kesimpulannya: jadi dapat komisi atau tidak untuk lagu dangdut yang dinyanyikan itu tergantung hak milik dari lagu tersebut. Jadi misal begini anda punya lagu yang dujual hak miliknya seharga 200.000 kepada si A. Karena sudah dijual, maka si A berhak mengklaim bahwa lagu itu adalah ciptaannya..dan ketika populer, maka anda tidak dapat komisi apa2, terlebih jika sudah hitam diatas putih.

      Ketika si A sukses, kemungkinan ada setidaknya bonus yang jumlahnya tergantung dari si A. Kalau gagal, atau lagu dangdut koplo yang sudah diklaim hitam di atas putih itu kurang pouler dan sukses, maka itu sudah menjadi nasib dari si A yang kurang beruntung. Sekarang banyak kok mas yang ciptain lagu kemudian dijual...atau paling tidak sering ikut lomba...

      itulah sepengetahuan kami...mungkin jika ada pengunjung yang kebetulan pencipta lagu atau pernah menjadi pembeli lagu dangdut baik yang populer dan tidak bisa berbagi di sini...

      Hapus
    5. Membaca penjelasan dari mas Ayas saya jadi sedih karena ternyata menjadi pencipta lagu tidak seberuntung penyanyinya. Cerita mas mengingatkan saya dengan pencipta lagu Iwak Peyek atau Keong Racun di mana penciptanya tetap hidup melarat. Sedih rasanya jika kita menciptakan sesuatu tapi orang yang memakai sesuatu hasil karya kita itu yang beruntung. Namun, ada gambaran yang saya dapatkan bahwa jika ingin menjadi pencipta lagu harus pandai-pandai mengatur siasat agar tidak rugi.

      Hapus
    6. Ya memang begitulah mas, makanya Rhoma Irama membentuk organisasi bernama RAI, agar para pencipta lagu dangdut itu bisa mendapat royalti ketika lagu tersebut dinyanyikan atau dipentaskan secara komersil oleh penyanyi atau EO tersebut yang sifatnya publikasi seperti yang kebanyakan dilakukan di tivi-tivi..namun sayangnya apakah RAI itu berjalan efektif atau tidak dan bagaimana prosedur sebenarnya juga kurang begitu jelas...yah kerugian itu seperti cerita teman saya yang dari kebumen, dia yang menciptakan tapai orang lain yang menyanyikan meskipun job pentas dari si penyanyi itu bukan dalam rangka untuk mempopulerkan lagu tersebut.

      Hapus
  4. lagu ter fenomenal "mendem kangen",coz tertinggi jumlah versi vcd dll

    BalasHapus